get app
inews
Aa Read Next : Serunya Suasana Baru Steak 21 Pesona Square Depok, Bisa Sambil Nyanyi

Cara Membuat Bir Pletok Minuman Tradisional Betawi Tanpa Alkohol, Bisa Jadi Ide Jualan

Jum'at, 17 Februari 2023 | 09:51 WIB
header img
Cara membuat bir pletok minuman tradisional Betawi cukup mudah dan bisa dijadikan ide berjualan. Foto: Wikipedia

DEPOK, iNewsDepok.id - Cara membuat bir pletok minuman tradisional Betawi cukup mudah dan bisa dijadikan ide berjualan. Bir pletok merupakan minuman yang tak asing lagi bagi masyarakat Betawi.

Meski namanya bir pletok, tetapi minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol dan tidak membuat mabuk ketika meminumnya. Penamaan bir mengikuti budaya minum alkohol dan wine orang Belanda di masa kolonial.

Saat itu, orang Betawi juga ingin memiliki minuman yang bisa menghangatkan tubuh. Untuk menghormati dan menaati keyakinan masyarakat lokal yang beragama Islam, akhirnya dibuat ramuan yang bisa menghangatkan tubuh tetapi tanpa alkohol dan bisa dinikmati banyak orang.

Mengutip Instagram @pesona.indonesia, pada Jumat (17/2/2023), bir pletok terbuat dari berbagai rempah-rempah seperti jahe, serai atau sereh, kayu manis, dan kayu secang. Lalu bahan-bahan tersebut direbus bersama dengan gula merah.

Karena terbuat dari rempah-rempah, justru minuman bir pletok memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat bir pletok, di antaranya melancarkan peredaran darah, mengobati sakit perut dan nyeri lambung, memulihkan radang sendi, serta mengobati migrain.

Lantas bagaimana cara membuat bir pletok sendiri di rumah? Berkut ini cara membuat bir pletok sendiri di rumah, seperti dikutip dari akun YouTube Ummi Viva pada Jumat (17/2/2023):

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut