get app
inews
Aa Read Next : Kesal Ditalak, Wanita di Solo Ini Babat Kelamin Suaminya

Inilah 5 Oleh-oleh Khas Solo, Tak Hanya Batik Ada Juga Makanan Lezat yang Melegenda

Kamis, 02 Februari 2023 | 07:17 WIB
header img
Oleh-oleh khas Solo, salah satunya batik Solo yang ada di Pasar Klewer Solo. Foto: pariwisatasolo.surakarta.go.id

DEPOK, iNewsDepok.id - Jika mengunjungi Kota Solo jangan lupa membawa 5 oleh-oleh khas Solo untuk orang-orang tersayang. Oleh-oleh khas Solo tidak hanya berupa batik Solo yang indah, tetapi juga makanan lezat dari yang melegenda hingga kekinian.

Kota Solo atau dikenal juga Surakarta memang menjadi salah satu kota di Indonesia yang sering dikunjungi wisatawan. Kota yang diberi julukan the spirit of Java ini memiliki banyak destinasi wisata, baik alam, sejarah, belanja hingga kuliner.

Rasanya kurang afdol bila setelah berkeliling ke berbagai destinasi wisata di Solo, kita tidak membawa buah tangan atau oleh-oleh khas Solo. Oleh-oleh menjadi sesuatu yang ditunggu kerabat maupun teman bila seseorang bepergian ke luar kota.

Jadi tidak ada salahnya jika kita memborong oleh-oleh ketika mengunjungi Kota Solo, karena pernak-pernik aksesori maupun kuliner yang disajikan rasanya nikmat dan ngangenin.

Lantas apa saja oleh-oleh khas Solo yang bisa dibagikan kepada kerabat atau teman?

5 Oleh-oleh Khas Solo

  1. Batik Solo

Oleh-oleh khas Solo, salah satunya Batik Danarhadi. Foto: Instagram

Di samping Yogyakarta, Solo juga merupakan salah satu kota penghasil batik terbesar di Indonesia. Di kota ini banyak pilihan batik Solo yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Oleh-oleh batik, selain dalam bentuk kain jarik Jawa, tersedia juga batik yang sudah dibuat menjadi baju, tas, dompet dan bentuk lainnya. Batik Solo bisa dibeli di Pasar Klewer, kampung batik Kauman, kampung batik Laweyan, hingga pusat grosir lainnya.

Batik-batik di tempat-tempat tersebut dijamin harganya ramah di kantong. Tetapi jika ingin batik yang berkelas, kita bisa berbelanja batik di Danar Hadi, yang terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi.

  1. Abon Sapi Mesran

Oleh-oleh khas Solo, salah satunya abon mesran. Foto: Instagram

Abon Sapi Mesran merupakan masakan yang sangat melegenda di Kota Solo. Soal rasa abon satu ini tak perlu diragukan lagi dan pastinya ngangenin.

Abon sapi mesran dibuat dari campuran olahan daging sapi dan daging ayam. Rasa abon ini manis dan pedas yang berpadu menjadi satu.

Abon ini sangat nikmat disantap bersama nasi putih panas. Meski abon sapi mesran ini melegenda tetapi harganya bersahabat yakni sekitar Rp40.000 hingga Rp70.000. Selain abon sapi tersedia juga serundeng mesran.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut