Logo Network
Network

Deris Nagara, Cowok Asal Ciamis yang Jadi Presiden BEM Columbia University Amerika Serikat

Dhodi
.
Rabu, 01 Februari 2023 | 19:11 WIB
Deris Nagara, Cowok Asal Ciamis yang Jadi Presiden BEM Columbia University Amerika Serikat
Deris Nagara, pria asal Ciamis yang jadi Presiden BEM Columbia University, New York, Amerika Serikat. Foto : Instagram @derisnagara.

JAKARTA, iNewsDepok.id – Seorang remaja asal Ciamis Jawa Barat yang bernama Deris Nagara, terpilih menjadi Presiden BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) di School of International and Public Affairs (SIPA) Columbia University, New York, Amerika Serikat untuk periode 2023-2024.

Terpilihnya Deris sebagai Presiden BEM tersebut membuat kebanggaan bagi keluarganya dan warga Indonesia. Pasalnya, Deris merupakan orang Indonesia pertama yang menjabat pada posisi tersebut.

Pria bernama lengkap Muhammad Rizki Nugraha Darma Negara ini dilahirkan di Bandung pada 4 Mei 1997. Namun masa kecilnya hingga remaja di Ciamis, termasuk pendidikannya mulai dari TK hingga SMA.

Sejak SMP Deris sudah memiliki pengalaman belajar ke luar negeri, dengan mengikuti program pertukaran pelajar ke Malaysia. Kemudian pada waktu SMA, Deris mengikuti pertukaran pelajar ke Australia.

Tak hanya fokus pada pendidikan, Deris juga memiliki minat ke bidang dunia hiburan. Deris sempat menjadi member boyband asal Indonesia The Galaxy. Namun karena dirinya harus melanjutkan pendidikannya di luar negeri, maka Deris memilih meninggalkan kariernya di grup boyband tersebut.

Saat kuliah S1 Deris mendapatkan full beasiswa dari President University. Dilansir dari president.ac.id, Deris pernah menjadi perwakilan Indonesia dalam ASEAN-Korea Political Security Forum 2021 yang diselenggarakan secara hybrid oleh Asia Exchange Association (AEA) di Busan, Korea Selatan (Korsel).

Pada 2021, Deris diterima mengikuti program Master (S2) yang ke-2. Tak hanya sekali, Deris kembali mengambil program pendidikan S2 pada Januari 2022 dengan bidang yang berbeda.

Pada Januari 2022, Deris mendapatkan beasiswa S2 LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dan mulai pendidikan Masternya di Columbia University, New York, AS. Di sini Deris mengambil Program Studi Master of Public Administration (MPA) di School of International and Public Affairs (SIPA).

Konsentrasi yang diambil adalah Political and Economic Development dengan spesialisasi di organisasi internasional, terutama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Alasan dirinya mengambil spesialisasi tersebut, karena Columbia University memiliki hubungan yang erat dengan PBB.

Deris memiliki keinginan menginvestasikan kemampuannya untuk memperkaya kehidupan Indonesia, menjadi pemimpin global yang memberikan dampak, dan meningkatkan kualitas hidup dengan cara bergabung di United Nations Children's Fund (UNICEF).

Dia juga ingin menjadi diplomat atau Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dia percaya bahwa program MPA di SIPA Columbia dapat menjadi salah satu jalan baginya dalam membuat perubahan bagi dunia.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.