get app
inews
Aa Read Next : Raja Maori di Selandia Baru Gelar Pertemuan Nasional

Menteri Pendidikan Selandia Baru Akan Gantikan Ardern Jadi PM Selandia Baru

Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:52 WIB
header img
Chris Hipkins Menjadi Pengganti Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern. (Foto: Reuters).

SYDNEY, iNewsDepok.id - Menteri Pendidikan Selandia Baru Chris Hipkins telah ditetapkan menjadi Perdana Menteri (PM) Selandia yang baru, setelah ia menjadi satu-satunya kandidat yang akan menjadi pengganti Jacinda Ardern sebagai Ketua Partai Buruh, pada Sabtu (21/1/2023).

Hipkins juga perlu mendapatkan pengesahan resmi dari rekan satu partainya saat rapat kaukus pada hari Minggu ini untuk memastikan kepemimpinannya pada partai berkuasa itu, menurut anggota partai buruh Whip Duncan Webb.

Menyusul dengan pengesahan dirinya sebagai ketua partai, serta pemindahan kekuasaan perdana menteri sebelumnya dari Jacinda Ardern, diharapkan bisa segera dilaksanakan dalam beberapa hari kedepan.

Sebelumnya diberitakan, bahwa Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern telah menyatakan pengunduran dirinya dan tidak akan mencalonkan dirinya kembali dan berencana turun jabatan di awal Februari nanti.

Hal itu disampaikan Ardern dalam pernyataannya yang disiarkan oleh satu saluran televisi.

"Musim panas ini, saya berharap menemukan cara untuk mempersiapkan tidak hanya untuk tahun selanjutnya, tapi masa berikutnya - karena itulah yang diperlukan tahun ini," ungkap Ardern yang terlihat emosional.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut