get app
inews
Aa
Read Next : Warga Sukmajaya Depok Geger Temukan Pria Tewas di Tengah Jalan, Dada dan Leher Kena Tusukan Sajam

OHCHR Catat 7 Ribu Warga Sipil Tewas di Ukraina

Selasa, 17 Januari 2023 | 15:52 WIB
header img
Sejak 2014, OHCHR telah mendokumentasikan korban sipil di Ukraina. Laporan didasarkan pada informasi yang dikumpulkan oleh Misi Pemantau Hak Asasi Manusia PBB di Ukraina (HRMMU) melalui wawancara. Foto: OHCHR

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR) melaporkan pada Senin (16/1/2023) bahwa lebih dari 18 ribu warga sipil menjadi korban sejak Rusia memulai Operasi Militer Khususnya terhadap Ukraina pada 24 Februari 2022 lalu. 7 ribu di antaranya tewas dan 11 ribu lainnya terluka. 

Mengutip dari situs resmi OHCHR, korban berasal dari 20 wilayah di Ukraina, termasuk Kiev, Kharkiv, Kherson, dan Zaporizhzhia.

Sebagian besar korban sipil yang tercatat disebabkan oleh penggunaan senjata peledak dengan efek area yang luas, termasuk penembakan dari artileri berat, sistem roket peluncuran ganda, rudal, dan serangan udara. 

OHCHR percaya bahwa angka sebenarnya jauh lebih tinggi, karena penerimaan informasi dari beberapa lokasi di mana permusuhan intens terjadi telah tertunda dan banyak laporan masih menunggu pembuktian. 

Ini menyangkut, misalnya, Mariupol (wilayah Donetsk), Izium (wilayah Kharkiv), Lysychansk, Popasna, dan Sievierodonetsk (wilayah Luhansk), di mana diduga banyak korban sipil. 

Sebagian besar kematian warga sipil yang tercatat terjadi di wilayah yang dikuasai pemerintah Ukraina, yakni sebesar 6.536, dibandingkan dengan 495 yang tercatat di wilayah yang dikuasai Rusia.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut