get app
inews
Aa Read Next : Fitur Interaktif Banyak Digunakan saat Belanja Online, Shopee Komitmen Terus Hadirkan Inisiatif Baru

Dari Berdagang Sepatu dan Sandal melalui e-Commerce, Mantan Pecandu Narkoba Ini Raup Omzet Miliaran

Minggu, 15 Januari 2023 | 22:05 WIB
header img
Ilham, mantan pecandu narkoba yang sukses berbisnis sepatu dan sandal merek Sepatu FM Bogor yang dijual melalui e-commerce beromzet miliaran rupiah. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Mantan pecandu narkoba Ilham berhasil bangkit dari keterpurukan dan sukses dalam usaha sepatu dan sendal merek Sepatu FM Bogor yang dijual melalui e-commerce. Ia sukses meraih omzet Rp6 miliar pada 2020.

Untuk mendapat kesuksesan seperti saat ini, tak semudah membalikkan telapak tangan. Sebelum meraih sukses, Pria berusia 28 tahun ini pernah mencoba berbagai bisnis dan bahkan menghabiskan tabungan orangtuanya untuk modal usaha.

Ilham menceritakan perjalanan hidupnya dari terpuruk hingga menjajal bisnis dan meraih kesuksesan dalam bisnis sepatu dan sandal, ia ceritakan di YouTube Channel Halo Bos, yang diunggah pada 14 Agustus 2021.

Titik terberat Kang Ilham dalam menjalani hidup adalah pada saat ia terjerat narkoba jenis sabu. Di tahun 2018, berakhir mati rasa dengan perbuatannya yang terlarang di negeri ini.

Saat itu Ilham tertangkap polisi. Ketika melihat orangtuanya berkunjung, ia merasa  sebagai anak laki-laki satu-satunya dari 5 bersaudara yang menjadi kebanggaan seolah tidak berguna.

"Cut, gua clean 3 tahun sampai sekarang gua ga pernah nyentuh lagi barang itu, tips gua adalah ya jauhi pergaulannya," ungkap Kang Ilham.

Dari kegagalan tersebut, anak tukang sayur ini mencoba bangkit dari keterpurukan. Perjalanan usaha Ilham bermula dari gigihnya dia mencari bisnis yang tepat.

Dalam memulai bisnis ia berkali-kali merasakan kegagalan. Ilham pernah mencoba trading forex dengan modal Rp5 juta, berjualan kaos bola modal Rp2 jutaan, hingga pupuk organik dengan modal sekitar Rp5-7 juta pun gagal. 

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut