get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia Potensial Kedatangan 5 Pemain Baru dari Eropa di Sela Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bambang Pamungkas Heran Liga 1 Tanpa Degradasi: Sepak Bola Indonesia Mau Dibawa Kemana?

Jum'at, 13 Januari 2023 | 17:30 WIB
header img
Bambang Pamungkas heran dengan keputusan Liga 1 tanpa degradasi. (Foto: Intagram @bepe20).

JAKARTA, iNewsDepok.id - Legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas merasa heran dengan sistem liga Indonesia. Pasalnya, Liga 1 Indonesia 2022/2023 berlangsung tanpa degradasi.

Seperti yang diketahui, PSSI telah memutuskan Liga 1 Indonesia 2022/2023 akan berlangsung tanpa sistem degradasi lantaran Liga 2 dan 3 diberhentikan. Keputusan tersebut dibuat setelah rapat Komite Eksekutif (Exco) di GBK Arena, Jakarta Pusat pada Kamis (12/1/2023).

Keputusan yang diumumkan Sekjen PSSI Yunus Nusi itu membuat Bambang Pamungkas heran. Ia pun menulis keluh kesahnya menganai keputusan tersebut di akun media sosial pribadinya. 

"Tanpa mengurangi rasa hormat kepada siapapun. Dilihat dari sudut manapun dan dengan dasar apapun, keputusan federasi tertinggi sepak bola Indonesia untuk menghentikan Liga 2 dan Liga 3, serta menjalankan Liga 1 dengan tanpa adanya degradasi ini sangat sulit untuk dipahami dan diterima akal sehat," tulis Bambang Pamungkas dikutip dari Instagram pribadinya, Jumat (13/1/2023).

Selain membuat nafkah para pemain terganggu, pria berusia 42 tahun itu juga menilai keputusan tersebut berpeluang menimbulkan praktik kotor, seperti kecurangan atau pengaturan skor. Ia pun mempertanyakan masa depan sepak bola Tanah Air jika Liga 1 berjalan tanpa degradasi.

"Ini bukan sekadar tentang bagaimana nasib para pelaku sepak bola yang mata pencariannya akan terganggu. Atau potensi besar terjadinya “praktik-praktik” tidak terpuji, jika liga dijalankan tanpa degradasi. Jauh lebih besar dari pada itu, ini tentang sebenarnya sepak bola Indonesia ini mau dibawa kemana?" sambungnya.

Legenda Persija itu mengatakan seharusnya pemain dan pelatih berperan dalam pengambilan keputusan tersebut. Pasalnya, peran mereka dapat menentukan masa depan sepak bola Tanah Air. 

"Berdasarkan pengalaman saya. Dalam olah raga, pemain dan pelatih tetaplah aktor utama. Suara mereka sedikit-sebanyak dapat turut menentukan arah tuju persepakbolaan negeri ini," pungkasnya.

Dengan tak adanya degradasi Liga 1 2022/2023, wakil Indonesia ke ajang AFC akan ditentukan melalui playoff. Nantinya, pemenang Liga 1 musim ini akan melawan juara Liga 1 2021/2022 dan yang menang akan mewakilkan Indonesia di ajang bergengsi antar klub Asia Tenggara itu.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut