get app
inews
Aa
Read Next : AS Kembali Luncurkan Rentetan Rudal ke Posisi Houthi di Yaman

Konflik Makin Memanas, Korsel Siapkan Senjata Nuklir, Bersiap Untuk Serangan Korut

Kamis, 12 Januari 2023 | 23:20 WIB
header img
Konflik Makin Panas, Korea Selatan Siapkan Senjata Nuklir, Bersiap Hadapi Korut. (Foto: Reuters).

SEOUL, iNewsDepok.id - Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol menyiapkan negaranya dengan mempersenjatai diri mereka menggunakan senjata nuklir taktis, guna menghadapi serangan yang mungkin di lancarkan oleh Korea Utara (Korut). Hal ini dilakukan karena konflik dengan Korea Utara yang kian memanas.

"Jika masalah (nuklir) jadi semakin serius, Republik Korea bisa menggunakan senjata nuklir taktis atau memiliki senjata nuklir sendiri," kata Yoon, dalam pidatonya pada Rabu (11/1/2023), seperti dikutip dari RT.

Presiden Korsel itu bahkan mengklaim kalau Korsel tidak butuh waktu lama untuk memiliki senjata nuklir taktis kembangan mereka sendiri.

“Tidak akan lama dan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi kita bisa memiliki (senjata nuklir) lebih cepat seiring berjalannya waktu,” kata Yoon.

Sebelumnya dalam pidatonya di akhir tahun 2022 kemarin, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menegaskan negaranya akan mengembangkan rudal balistik antar benua untuk menghadapi Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan.

Bahkan Korut juga memasukan senjata nuklir dalam UU-nya pada September lalu, yakni hak untuk menggunakan senjata pemusnah massal dalam kondisi tertentu. Akibat keputusan Korut tersebut, Korsel menjadi marah dan memperkuat kerjasama militer mereka dengan AS dan Jepang.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut