get app
inews
Aa Read Next : Rumah Tajwid Asal Depok Gelar Pengajian di Jerman Diikuti 150 WNI

Puas Ukraina Rebut Kembali Kharkiv, Jerman Janjikan Tank Leopard 2 untuk Ukraina

Rabu, 11 Januari 2023 | 08:27 WIB
header img
Beberapa pemimpin Barat termasuk Scholz dan Macron telah mengunjungi Ukraina, tapi tidak ada yang pergi hingga jauh ke timur seperti Baerbock. Kunjungannya dirahasiakan untuk alasan keamanan dan diumumkan saat ia kembali ke Berlin. Foto: DW

JAKARTA, iNewsDepok.id - Menteri luar negeri Jerman, Annalena Baerbock, mengunjungi kota Kharkiv di Ukraina timur pada Selasa (10/1/2023). 

Melansir dari The Guardian, Baerbock tidak hanya menjanjikan bantuan kemanusiaan untuk musim dingin (generator, trafo, bahan bakar) dan persenjataan, tetapi juga memberikan harapan bahwa Berlin akan memasok Kiev dengan tank Leopard 2. 

Selain itu, Baerbock membuat tawaran konkret untuk membantu Ukraina mengambil langkah yang diperlukan agar dapat bergabung dengan Uni Eropa (EU).

"Warga Ukraina harus tahu bahwa mereka dapat mengandalkan solidaritas dan dukungan kami," ujarnya saat tiba di Kharkiv yang rusak parah akibat serangan rudal Rusia selama berbulan-bulan. 

Diskusinya dengan Menteri Luar Negeri Ukraina, Dymitro Kuleba, bernada positif. Kedua belah pihak mengisyaratkan bantuan militer di masa depan. 

“Kharkiv sekarang menjadi simbol serangan balasan Ukraina yang sukses yang membuktikan bahwa Ukraina akan menang dengan dukungan mitra yang memadai.  Saya yakin bantuan militer Jerman lebih lanjut akan datang,” kata Kuleba. 

Minggu lalu, Jerman berjanji akan mengirim 40 kendaraan lapis baja tempur infanteri (IFV) Marder terlacak ke Ukraina, bersamaan dengan 50 tank Bradley dari Amerika Serikat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut