get app
inews
Aa Read Next : 5 Merek Mobil Jepang Masih di Posisi Penjualan Mobil Terbanyak di Bulan Oktober 2023

Wuling Alvez Sudah Berkeliaran di Jakarta, Resmi Diluncurkan Awal Tahun Ini

Jum'at, 06 Januari 2023 | 16:43 WIB
header img
Penampakan Wuling Alvez. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id - Sebuah mobil yang ditutup stiker kamuflase berseliweran di jalanan Jakarta. Foto dan videonya banyak beredar di sosial media. Mobil itu diduga milik Wuling Motors Indonesia yang disiapkan untuk diluncurkan pada awal 2023. 

Dilihat dari bentuknya, mobil itu diduga merupakan Wuling Alvez, sebuah SUV yang akan menjadi pesaing bagi Hyundai Creta dan Honda HR-V. Jika dilihat dari samping, model ini memiliki desain mirip Almaz yang sudah dipasarkan di Indonesia sejak 2019, namun dalam dimensi yang lebih kecil. 

Alvez merupakan SUV yang sama dengan Xing Chi di pasar Cina. Model ini debut pada September 2022 dan dipasarkan di negara asal Wuling mulai akhir 2023. Alvez ditawarkan dengan range harga mulai 56.800 yuan hingga 86.800 yuan atau setara Rp 127 jutaan hingga Rp 195 jutaan (dengan kurs saat ini 1 yuan = Rp 2.252). Harga itu besar kemungkinan akan berada di range Rp 200 juta hingga Rp 300 juta saat masuk Indonesia. 

Indonesia disebut-sebut sebagai negara selanjutnya yang akan memasarkan Alvez. Lantas kapan model ini akan diperkenalkan di Tanah Air? 

Ada kemungkinan model ini diperkenalkan pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan digelar pada 16-28 Februari 2023. 

Kembali ke Xing Chi alias Alvez, namanya sudah terdaftar di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementeruan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia. Dalam data tersebut, diketahui Alvez ini didaftarkan pada 13 Agustus 2022 dengan nama pemilik SAIC-GM-Wuling Automobile Co. Ltd.

Di Cina, Alvez memiliki dua opsi mesin, yakni 1,5 liter naturally aspirated, 1,5 liter turbo seperti yang digunakan pada Almaz. 

Untuk mesin 1.500cc yang digunakan memiliki tenaga sebesar 147 HP dan torsi 250 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui dua pilihan transmisi, yakni otomatis CVT dan manual 6 kecepatan.

Dari sisi tampilannya, Alvez hadir dengan grille yang cukup besar dengan logo Wuling di bagian tengahnya. Desain lampunya berbentuk jajar genjang dan sudah menggunakan LED untuk lampu utama, DRL dan lampu kabutnya. 

Bagian belakangnya terlihat cukup bongsor dan lebar dengan lampu belakang, sein, dan lampu mundur yang menyatu dalam satu modul. Kemudian bumper belakangnya tersemat dua pipa knalpot lengkap dengan diffuser udara belakang.

Melihat dimensinya yang lebih kecil dari Almaz, Alvez yang dipasarkan di Indonesia nantinya kemungkinan besar bermesin 1.5 liter N/A. Lawan sepadan untuk HR-V dan Creta. 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut