get app
inews
Aa Read Next : Jusuf Kalla Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran, Ajak Semua Pihak Bantu untuk Urus Masalah Ekonomi

Riset Gen Z: Prabowo Jadi Tokoh Paling Populer No 2 Setelah Jokowi

Jum'at, 23 Desember 2022 | 20:02 WIB
header img
Prabowo Subianto paling populer no 2 setelah Jokowi. Foto: ANTARA.

JAKARTA, iNewsDepok.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ternyata menjadi tokoh populer nomor 2 setelah Jokowi menurut riset Gen Z. Hal ini terkuak dari hasil penelitian yang dilakukan oleh IDN Riset Institute terbaru untuk sub penelitian mengenai pandangan politik Gen Z.

Ada tiga tokoh politik yang populer dikalangan generasi Z berdasarkan hasil penelitian, yaitu Jokowi, Prabowo dan disusul oleh Guber Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Masing-masing dari mereka mendapat persentase 18 persen, 17 persen, dan 12 persen.

“Generasi Z mencari pemimpin dengan kriteria seperti, memiliki visi yang jelas untuk negara, integritas sehingga mereka tidak akan korupsi, dan pengalaman politik,” tulis IDN Riset Institute dalam laporan penelitiannya.

Penelitian ini dilakukan oleh IDN Riset Institute bekerjasama dengan Populix. Populix menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan random sampling di 12 kota di Indonesia. Selanjutnya, IDN Riset Institute melakukan wawancara lebih mendalam serta mengembangkan dan menuliskan laporan berdasarkan pada analisis data yang diperoleh.

Dalam penelitian ini, kelompok Gen Z didefinisikan sebagai laki-laki dan perempuan yang berusia mulai 15 sampai 24 tahun pada tahun 2022. Kelompok tersebut kemudian dibagi menjadi 2 kategori. Pertama, kategori remaja akhir yang berusia dan 20 tahun serta kedua sebagai dewasa dan muda yang berusia antara 21 dan 24 tahun.

Generasi Z yang lahir antara tahun 1997 dan 2012 saat ini merupakan generasi terbesar di Indonesia.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut