get app
inews
Aa Read Next : Ini Upaya Pemkot Depok Atasi Banjir di Kecamatan Cipayung dan Sawangan

Hari Ini Puncak Lonjakan Penumpang di Terminal Jatijajar Depok

Jum'at, 23 Desember 2022 | 14:55 WIB
header img
Suasana Terminal Jatijajar Depok. Foto: Tama/ iNews Depok.

DEPOK,iNewsDepok.id- Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) terjadi kenaikan penumpang bus di Terminal Tipe A Jatijajar Depok. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Terminal Jatijajar pun melakukan pengecekan fisik kendaraan angkutan mudik guna memastikan kelaikan jalan kendaraan tersebut.

Tidak hanya bisa Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), pengecekan juga dilakukan pada bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Pengecekan dilakukan secara menyeluruh, mulai dari surat-surat kendaraan serta fisik bus yang meliputi kursi penumpang, alat pemukul kaca, lampu hingga ban. Pengecekan fisik ini akan dilakukan secara rutin selama libur Nataru.

Kepala Terminal tipe A Jatijajar, Tapos, Depok, Asri Sinuraya mengatakan, pengecekan fisik kendaraan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang selama perjalanan mudik Nataru. Untuk itu, pihaknya memastikan, seluruh kendaraan angkutan mudik Nataru yang ada di Terminal ini laik jalan.

“Di terminal Jatijajar ini rutin melakukan kegiatan ram cek yang mana ini merupakan salah satu krusial kami dalam rangka menjaga agar Armada dan penumpang yang berangkat dari terminal Jatijajar ini kami pastikan mendapatkan rasa aman dan nyaman,” katanya, Jumat (23/12/2022).

Kenaikan penumpang sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. Diperkirakan hari ini adalah puncak lonjakan penumpang yang akan keluar kota untuk libur Nataru. Pihaknya menyediakan posko siaga Nataru di terminal.

“Kami telah menyediakan pos-pos siaga nataru di terminal Jatijajar ini dengan segala fasilitas kelengkapan yang siap untuk melayani masyarakat,” ujarnya.

Sampai dengan saat ini lonjakan penumpang di terminal Jatijajar, Depok mencapai 300 orang perhari. Tidak hanya itu, jumlah armada bus pun ditambah. “Adapun rata-rata kenaikan jumlah penumpang sebanyak 900 orang per hari dari biasanya 650 penumpang per hari ya,” katanya.

Armada bus rata-rata harian sebanyak 110 unit dan saat ini bertambah mencapai 135 armada. Rute keberangkatan untuk seluruh wilayah Jawa hampir terlayani di terminal Jatijajar ini dan juga beberapa rute Sumatera seperti Padang Lampung. “Rute yang banyak diminati penumpang yakni Jogja, Wonogiri, Malang dan Semarang,” tambahnya.

Pihak Pengelola Terminal Jatijajar, Tapos, Depok memprediksi puncak mudik libur Natal dan Tahun Baru terjadi pada tanggal 23 Desember 2022. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diperkirakan mencapai 1.000 orang per hari, pihak terminal telah berkoordinasi dengan tim operasional armada untuk menyediakan armada cadangan yang standby 24 jam di Terminal Jatijajar ini.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut