get app
inews
Aa Read Next : Jelang Valentine, Titanic versi Remastered Karya James Cameron akan Kembali Tayang di Bioskop

Ternyata Suku Metkayina di Film Avatar 2 Terinspirasi Suku Bajo di Indonesia

Rabu, 21 Desember 2022 | 13:42 WIB
header img
Film Avatar The Way of Water. Foto : Instagram avatar sequels

JAKARTA, iNewsDepok.id – Film Avatar The Way of Water (Avatar 2) banyak memiliki keunikan, salah satunya karakter Suku Metkayina yang disebut sebagai penguasa klan laut di Pandora.

Sang sutradara film Avatar 2, James Cameron mengungkapkan bahwa karakter Suku Metkayina terinspirasi kehidupan Suku Bajo di Indonesia.

Suku Metkayina digambarkan hidup di sepanjang pesisir laut Pandora yang indah. Oleh sebab itu, dalam menciptakan karakter suku tersebut, Cameron mencari inspirasi dari berbagai suku di dunia yang hidup di pesisir laut.

Cameron melakukan riset terhadap budaya dari suku-suku yang hidup di pesisir laut. Sampai akhirnya dirinya menemukan informasi tentang Suku Bajo atau yang dikenal dengan nama Suku Bajau dan Suku Sama di Indonesia, yang kemudian menjadi inspirasi terciptanya Suku Metkayina.

“Ada (orang Sama-Bajau), orang di Indonesia yang tinggal di rumah panggung dan hidup di atas rakit. Kami melihat hal-hal seperti itu,” kata Cameron dikutip dari National Geographic.

Selain Suku Bajo, terciptanya karakter Suku Metkayina juga terinspirasi dari Budaya Polinesia.

“Kami melihat budaya Polinesia, yaitu budaya perdagangan kano. Kami memutuskan tidak membuat kano selain beberapa kano yang digunakan secara lokal," ungkap Cameron.

"Pelayaran dalam film kami (Avatar 2) bukan budaya pelayaran Polinesia yang menggunakan kano besar atau waka, seperti yang mereka sebut di Selandia Baru," lanjutnya.

Dalam film Avatar 2 diceritakan Jake Sully (Sam Worthington) dan Neytiri (Zoe Saldana) dan anak anaknya terpaksa harus meninggalkan Suku Omaticaya karena dikejar oleh Quaritch (Stephen Lang) yang ingin balas dendam kepada Jake.

Jake dan keluarganya akhirnya pergi ke pesisir laut Pandora dan mereka akhirnya hidup dan beradaptasi dengan lingkungan baru bersama dengan Suku Metkayina.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut