get app
inews
Aa Read Next : Viral Aksi Bullying Sesama Siswi di Sawangan Depok, Polisi Periksa Korban dan Pelaku

Tak Punya Lapangan Standar, DKI Pinjam Eden Sport Center Depok untuk Gelar Kejurnas Hoki

Sabtu, 17 Desember 2022 | 15:13 WIB
header img
Atlet Hockey Indoor di Eden Sport Center, Depok. Foto: Dokumentasi FHI

SAWANGAN, iNewsDepok.id – Federasi Hoki Indonesia (FHI) menyelenggarakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Hoki 2022 Jakarta. Kejurnas kali ini bertujuan sebagai ajang tertinggi pembinaan para atlet putra dan putri Hoki tanah air jelang mengikuti PON Aceh-Sumatera Utara 2024 dan berbagai event internasional.

Kejurnas ini telah berlangsung mulai 3 Desember hingga 17 Desember 2022. Sebanyak 12 Provinsi berpartisipasi mengikuti kejuaraan kali ini diantaranya adalah DKI Jakarta, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Bengkuli, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat.

Kejurnas Hoki 2022 ini dibagi menjadi dua kategori yaitu, hoki lapangan terbuka yang diadakan di Lapangan Hoki GBK, Senayan dan kategori hoki ruangan yang berlangsung di Lapangan Eden Sport Center, Sawangan, Depok. Untuk kategori lapangan terbuka, atlet Hoki putra dan putri Jawa Barat sama-sama keluar sebagai juara usai mengalahkan Sumatera Utara pada laga final.

Sekretariat Jendral (Sekjen) Federasi Hoki Indonesia, Yasser Arafat Suhaidy mengatakan Kejurnas kali ini dimanfaatkan sebagai pembinaan dan seleksi para atlet dari berbagai provinsi. Pasalnya, para atlet hoki Indonesia akan mengikuti berbagai rancangan turnamen pada masa mendatang seperti PON Aceh-Sumatera Utara 2024, Sea Games 2023 di Kamboja, Asian Games 2023 di Tiongkok, dan Kejuaraan Hoki Asia outdor putra dan putri junior. Selain untuk pembinaan, provinsi yang menjadi pemenang akan mendapatkan medali dan piala.

“Jadi kejurnas ini memang kewajiban dari  PP FHI (Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia) untuk melaksanaan Kejurnas yang merupakan ajang tertinggi pembinaan  dari selurh provinsi-provinsi dan ini merupakan bagian dari seleksi tim, karena pada saat 2023 kita mengikuti berbagai rangkaian turnamen internasional” Yasser Arafat Suhaidy saat diwawancarai langsung di Eden Sport Center, (11/12/2022).

 “Pertama untuk multievent kita ada Sea Games di Kamboja dan Asian Games di Hangzhou (Tiogkok), kemudian ada Kejuaraan Asia outdor putra dan putri junior. Di sini karena ini pembinaan, provinsi yang menang itu dapat medali dan piala" lanjut pria berusia 44 tahun itu.

Yasser pun mengatakan alasan mengapa DKI Jakarta terpilih sebagai tuan rumah Kejurnas Hoki 2022 lantaran menjadi provinsi yang paling memadai dalam segi sarana. Ia juga menjelaskan terpilihnya Eden Sport Center yang terletak di Depok sebagai tempat untuk laga kategori ruangan lantaran saat ini DKI Jakarta belum memiliki lapangan hoki ruangan dengan luas yang standar.

“Jadi, pertama kita memberikan kesempatan pada seluruh pempov untuk jadi tuan tumah, dari semua pemrov yang paling siap dari segi sarana adalah DKI Jakarta. Mereka memiliki Hoki field yang terbaik sekarang, bahkan di asia. Untuk indoor kita pilih disini (Eden Sport Center Depok) karena disini secara ukuran adalah ukuran standar indoor, kita memang di Jakarta ini belum ada khusus indoor hoki, jadi ini baru pertama kali lah ada,” ucapnya.

Pria berusia 44 tahun itu juga menjelaskan perbedaan hoki lapangan terbuka dan hoki ruangan. Ia mengatakaan pada Kejurnas ini pada atlet masih bisa bermain pada dua kategori tersebut akan tetapi segera dipisah pada PON 2024 mendatang.

"Secara permainan ada sedikit perbedan, karena di indoor ini gak boleh naik bola. Pada kesempatan ini kita beri kesempatan atleet outdoor bisa beemain indoor, tapi nanti pada saat PON atletnya kita pisah, karena bisa jadi pertandingannya bisa bersamaan kan, jadi untuk saat ini masih fleksibel" katanya.

Yasser pun berharap akan lebih banyak tim dari berbagai provinsi yang berpartisipasi mengikuti Kejurnas selanjutnya. Pasalnya, pada Kejurnas mendatang akan menjadi ajang seleksi PON 2024.

“Kejurnas mendatang bagian dari rangkaian dari PON, karena kejurnas yang akan datang adalah babak kualifikasi PON 2024.  Jadi kami harapkan lebih banyak provinsi yang mengikutinya." pungkasnya.

Sebelumnya, Kejurnas Hoki terakhir diadakan pada tahun 2019 sebelum pandemi Covid melanda. Saat itu, Bandung terpilih sebagai tuan rumah meskipun laga kategori lapangan tersebuka tetap dilangsungkan di Jakarta.

Sekadar informasi, laga final Kejurnas Hoki 2022 kategori ruangan putri akan berlangsung pada Sabtu, (17/12/2022) pukul 16.30 WIB. Sedangkan pertandingan final putra akan berlangsung pukul 18.00 WIB.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut