get app
inews
Aa Read Next : 6 Atlet Panti Asuhan Dinsos Jakarta jadi Juara Kejurnas Pencak Silat

Guru Fisika SMAN 2 Depok Raih Juara di Ajang Internasional

Selasa, 14 Desember 2021 | 07:48 WIB
header img
Toto Suryo Suprapto (kanan) saat diumumkan sebagai pemenang dalam ajang “Nuclear Science and Technology Education Competition for Secondary Level Students and Teachers” yang diadakan oleh International Atomic Energy Agency (IAEA) Foto: EDUWARA

DEPOK, iNews.id –  Guru Fisika SMAN 2 Depok, Toto Suryo Suprapto sukses meraih prestasi yang membanggakan di ajang Nuclear Science and Technology Education Competition for Secondary Level Student and Teacher yang diadakan International Atomic Energy Agency (IAEA).

Di ajang internasional tersebut, Toto berhasil meraih juara dalam kategori mata pelajaran Fisika. Toto juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi kantor IAEA di Wina, Austria selama sepekan pada Mei 2022.

“Perlombaan tersebut bersifat online karena masih dalam masa pandemi. Saya membuat video pembelajaran untuk siswa yang menjelaskan tentang analogi teknologi nuklir dengan durasi 5 menit,” jelas Toto.

Saat akan mengirimkan video ke situs yang sudah disediakan pihak IAEA dengan deadline 31 Agustus 2021, pihak panitia minta kelengkapan berkas data diri dan membuat akun di website tersebut.

“Beruntungnya saja, ternyata waktu pendaftaran diperpanjang sepekan. Jadi, saya ada kesempatan untuk mengumpulkan berkas dan membuat akun. Sehingga, saya bisa mengikuti lomba tersebut,” jelasnya.

Di bulan November 2021, Toto dinyatakan lolos 10 besar untuk mata pelajaran Fisika regional Asia-Pasifik, dan diberikan kesempatan untuk mengikuti tahapan berikutnya yang diadakan secara online pada 24 November 2021.

Di tahap 10 besar tersebut, Toto menghadapi tes wawancara secara online dari seorang moderator di hadapan empat orang panitia, yakni dari pihak IAEA, lalu ada tiga profesor dari Jepang, India, dan China.

Pada saat pengumuman tanggal 25 November 2021 yang dilakukan secara online, Toto mengaku  sempat tidak percaya kalau ada ada foto dirinya di dalam daftar pemenang dari tiap mata pelajaran.

 “Menjadi pemenang tersebut adalah sebuah kado yang sangat istimewa, karena bertepatan pada peringatan Hari Guru di Indonesia, yakni 25 November,” jelasnya

Editor : Ikawati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut