get app
inews
Aa Read Next : Profil Nani Wijaya, Artis Legendaris yang Berkiprah Sejak Era 1960-an hingga 2020

Kenali Penyebab Serangan Stroke Terjadi Berulang, Seperti yang Dialami Mat Solar hingga 3 Kali

Jum'at, 16 Desember 2022 | 15:00 WIB
header img
Mat Solar alami serangan stroke berulang sampai 3 kali, berikut penjelasa ahli mengapa serangan stroke bisa berulang. Foto: Okezone

DEPOK, iNewsDepok.id - Serangan stroke bisa terjadi berulang kali. Seperti yang dialami aktor Mat Solar yang mengalami serangan stroke hingga 3 kali dan stroke kali ini yang parah.

"Tiga kali kena stroke, sebelah kiri nggak bisa gerak. Matanya kurang jelas, jadi harus pakai obat mata juga," ungkap Haidar, anak Mat Solar.

Saat ini aktor yang lekat sebagai Bajuri dalam sinetron Bajaj Bajuri ini tengah berjuang sembuh melawan stroke dan kondisinya sudah mengkhawatirkan. Pria yang baru saja berulang tahun ke-60 tahun saat ini hanya bisa duduk di kursi roda, tanpa banyak berbicara.

Menurut Haidar, jangankan untuk berbicara, pemeran sinetron Tukang Bubur Naik Haji the Series pun mengalami kesulitan untuk senyum. Mat Solar hanya bisa bengong tanpa melakukan aktivitas lainnya.

Mengapa serangan stroke bisa terjadi secara berulang? Menurut dr. Roslan Yusni Hasan, Sp.BS, dokter spesialis bedah saraf, terdapat beragam faktor yang membuat pasien mengalami kekambuhan saat menderita penyakit stroke. Awalnya ditandai dengan gejala ringan yang tak disadari.

"Stroke paling banyak kambuh karena diabetes mellitus. Faktor ini bisa dikendalikan dengan minum obat yang memperbaiki insulin. Tapi kok ya orang alasannya banyak tidak mau minum obat, katanya takut ketergantungan. Salah besar ini," ujar dr. Roslan, seperti dikutip dari Okezone, pada Jumat (16/12/2022).

dr. Roslan menjelaskan ada banyak faktor yang tidak bisa dikendalikan pada pasien stroke berikut ini:

  1. Pembuluh darah pasien stroke sudah tidak berfungsi dengan baik, sehingga jadi mudah pecah. Ini biasanya terjadi pada pasien yang pernah mengalami terapi, tetapi tidak bisa menjaga gaya hidup sehat dengan baik.
  1. Ada gangguan jantung atau irama jantung yang diderita pasien stroke. Pembuluh darah secara keseluruhan juga jadi terganggu tanpa disadari.
  1. Pasien stroke mengalami kekentalan darah akibat tingginya kolesterol. Hal ini tidak bisa dikendalikan, bila seseorang tidak mengontrol pola makan.
  1. Obesitas juga memicu kambuhnya stroke. Sayangnya hampir 84% penduduk Indonesia mengalami masalah ini yang harus diberantas faktornya.
  1. Stres juga menyebabkan gangguan pada pembuluh darah, sehingga penyakit stroke bisa kambuh. Oleh karena itu, sebaiknya kelola stres dengan baik supaya bisa sembuh total dari penyakit mematikan ini.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut