get app
inews
Aa Read Next : Wisata Ramah Lingkungan dengan tiket Green dari tiket.com, Seperti Apa?

Naik 200 Persen Dibanding Tahun Lalu, Kemenparekraf RI dan tiket.com Sajikan Data Tren Wisata 2022

Rabu, 14 Desember 2022 | 16:57 WIB
header img
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. Foto: Tangkapan Layar

JAKARTA, iNewsDepok.id - Geliat sektor pariwisata mulai tumbuh dan menuju ke arah pemulihan seiring dengan terus meningkatnya jangkauan vaksinasi Covid-19 masyarakat di Indonesia, serta relaksasi regulasi pariwisata dari Pemerintah yang menjadi titik cerah kebangkitan industri yang selama pandemi menerima dampak cukup signifikan.

Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kemenparekraf RI bersama tiket.com, Online Travel Agent (OTA) pertama di Indonesia, pada Selasa (13/12), menyajikan pemaparan Data Riset Tren Industri Pariwisata hasil sinergi data dari kedua belah pihak dalam Webinar Nasional bertajuk “New Paradigm of Indonesia Tourism Industry Trend 2023”.

Membuka acara webinar ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. mengatakan bahwa walaupun kita berada di dalam situasi menantang, terdapat beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan demi kebangkitan pariwisata nasional.

Dalam sambutannya, beliau mengatakan, “Apresiasi terbesar saya berikan kepada semua pihak yang terus berkolaborasi untuk bangkitnya pariwisata nusantara serta meningkatkan resiliensi industri yang sempat terhantam dengan keras saat pandemi. Kami sempat berdiskusi terkait paradigma baru pariwisata, yang terdiri dari Wellness Tourism, Work from Destination, Culture Immersion serta Off-Grid Travel.”

Selain lahirnya paradigma baru di pariwisata, Sandiaga Uno juga mengungkapkan paradigma baru di ekonomi kreatif, yaitu Digital Acceleration, Local Before Global dan Metaverse-Era, serta pentingnya kolaborasi dalam membangkitkan industri.

“Kita terus menyokong program berbasis 3G yakni GERCEP Bergerak Cepat, GEBER Bergerak Bersama, dan GASPOL yakni garap semua potensi untuk menciptakan lapangan kerja. Mari kita tingkatkan kolaborasi serupa di 2023, semua target bisa dicapai selama kita terus berkolaborasi dan kami juga ingin mengajak pihak lainnya untuk bersama fokus dalam mengembangkan program-program utama di 2023,” tambah Sandiaga Uno.

Tiga Destinasi Favorit 

Mengacu pada rangkuman data kolaborasi tiket.com bersama Pusdatin Kemenparekraf, tiga destinasi favorit masyarakat untuk bepergian dalam negeri masih didominasi dengan tujuan di Jakarta, Surabaya, dan Medan. 

Jumlah outbound tourism Indonesia mengalami peningkatan dengan kenaikan pemesanan sebesar 81,8% dan jumlah pax 90,9%.

Tiket penerbangan domestik mengalami peningkatan dari tahun 2020 di mana menggambarkan bahwa perilaku konsumen cenderung stabil.

Staycation semakin populer, membuat tingkat hunian kamar hotel berbintang mengalami peningkatan sebesar 49,85% (menurut data BPS Mei 2021 - Mei 2022).

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut