get app
inews
Aa Read Next : Inilah 4 Perusahaan Milik Orang Terkaya di Indonesia, Tidak Banyak Orang Tahu

Inilah 5 Orang Terkaya di Indonesia Pemilik Bisnis Hotel Mewah, Ada yang Hotelnya di Luar Negeri

Selasa, 29 November 2022 | 06:19 WIB
header img
R Budi Hartono dan Michael Hartono, dua orang terkaya di Indonesia 2022 versi Forbes 2022, yang merupakan pemilik Hotel Indonesia Kempinski. Foto: Sindonews

DEPOK, iNewsDepok.id - Lima orang terkaya di Indonesia ini memiliki bisnis hotel mewah. Mereka para konglomerat yang memiliki harta kekayaan yang begitu fantastis.

Kekayaan dilihat berdasarkan kemewahan gedung hotel hingga jumlah karyawan. Alhasil, dapat terlihat pendapatan yang dikantongi pemilik hotel yang begitu luar biasa.

Berikut 5 orang terkaya di Indonesia pemilik hotel mewah, seperti dirangkum pada Selasa (29/11/2022):

  1. Keluarga Hartono: Budi Hartono dan Michael Hartono

Pada tahun 2004 pemilik grup Djarum, Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono mulai masuk ke bisnis hotel. Mereka memenangi lelang pengelolaan hotel Indonesia yang saat ini bernama Hotel Indonesia Kempinski.

Sementara itu, hotel yang mereka bangun yakni Padma Hotel Bandung, Padma Resort Legian, Padma Resort Ubud, dan The Resinda Karawang.

Sebagai informasi, melansir data Forbes nilai kekayaan Robert Budi Hartono mencapai USD22,8 miliar atau setara Rp342 triliun. Sementara nilai kekayaan Michael Hartono sekitar USD21,9 miliar atau setara Rp328,5 triliun.

  1. Keluarga Eka Tjipta Widjaja

Pemilik Grup Sinar Mas, keluarga Eka Tjipta Widjaja juga menjalankan bisnis hotel di bawah naungan Sinarmas Land. Sinarmas Land merupakan salah satu pengembang properti terbesar di Tanah Air.

Sinar Mas Land memiliki hotel mewah berbintang lima yang juga berada di lokasi Thamrin, Jakarta Pusat, yakni Hotel Grand Hyatt.

  1. Keluarga Ciputra

Ciputra merupakan pengusaha di bisnis properti dan perhotelan. Keluarga Ciputra ini termasuk pengusaha terkaya di Indonesia pemilik bisnis hotel mewah.

Ciputra membangun sejumlah hotel di berbagai kota di Tanah Air melalui brand Citradream Hotel. Ada sekitar 12 hotel mewah yang berlokasi di Jakarta hingga Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Hotel mewah Ciputra yang ada di Jakarta antara lain Rafles Ciputra World 1 Jakarta dengan jumlah kamar mewah sebanyak 173 unit.

Tak hanya di Indonesia, Ciputra juga memiliki hotel mewah di luar negeri, tepatnya di Hanoi, Vietnam. Hotel yang diberi nama Pulla Hotel Hanoi tersebut memiliki 240 kamar.

Sebagai informasi, mengutip data Forbes keluarga Ciputra mengantong kekayaan sekitar USD1,1 miliar atau Rp16,5 triliun dan duduk di posisi 26 sebagai orang terkaya di Indonesia pada tahun 2021.

  1. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung yang dikenal dengan sebutan si anak singkong atau pemilik CT Corp ini memiliki empat hotel, yaitu The Trans Luxury Hotel, The Trans Resort Bali, Fashion Hotel, dan Ibis Bandung.

Trans Luxury Hotel merupakan hotel bintang lima yang terdiri dari 18 lantai serta memiliki 280 kamar dan suite. Hotel ini diluncurkan pada tahun 2012 dan mendapatkan perhatian publik.

Sebagai informasi, harta kekayaan Chairul Tanjung sebanyak USD5,4 miliar atau Rp81 triliun. Sumber kekayaan terentang mulai dari media, supermarket, bank, dan maskapai penerbangan.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut