get app
inews
Aa Read Next : Makin Dekat dengan Customer, Beleaf Gelar Cooking Community Class Sambut Natal dan Tahun Baru

Dorong Kemajuan Pertanian Nasional, DPD RI Menimba Ilmu ke Senat Kerajaan Thailand

Senin, 28 November 2022 | 17:47 WIB
header img
Rombongan DPD RI saat bertemu Ketua Senat Kerajaan Thailand di Bangkok, Senin (28/11/2022).

BANGKOK, iNews.id - Thailand menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang sukses dalam sektor pertanian. Sehingga, Negeri Gajah Putih itu mendapat julukan The Kitchen of The World atau dapur dunia.

Kesuksesan Thailand dalam pertanian itulah, membuat DPD RI merasa perlu menimba ilmu ke sana. Dipimpin Ketua DPD AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, rombongan Indonesia bertemu dengan Ketua Senat Kerajaan Thailand, Prof. Pornpetch Wichitcholchai. 
 
Dalam pertemuan itu, LaNyalla yang didampingi Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman dan sejumlah anggota DPD, menanyakan langsung kebijakan apa saja yang dilakukan negeri Gajah Putih itu untuk percepatan kemajuan pertanian dan perkebunan mereka. 
 
“Terutama bagaimana Thailand menjaga lahan pertanian untuk tidak mengalami alih fungsi lahan untuk kebutuhan perumahan atau kawasan industri?,” tanya LaNyalla yang diterima di ruang pertemuan Gedung Senat Kerajaan Thailand, Senin (28/11/2022) di kawasan Dusit, Bangkok, Thailand. 
 
Atas pertanyaan itu, Ketua Senat Thailand mengungkapkan, sektor pertanian Thailand adalah sektor prioritas yang langsung ditetapkan oleh Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn. Sehingga pemerintah dan semua aparatur negara bekerja serius untuk sektor ini. 
 
“Raja sudah memutuskan agar sektor pertanian harus menjadi unggulan, sekaligus kehidupan petani Thailand harus makmur. Sehingga menjadi sufficiency ekonomi. Karena isu food security di dunia ini menjadi perhatian kami,” ungkap Pornpetch. 
 
Ditambahkan Juru Bicara Komite Luar Negeri Pikulkeaw Krairiksh, karena menjadi prioritas raja, maka sektor ini menjadi unggulan yang disuport semua pihak. Sehingga persoalan alih fungsi lahan sangat hati-hati dilakukan. Terutama terhadap lahan produktif dan berpotensi untuk subur.  
 
“Kami juga terus mengembangkan pertanian organik dan terobosan untuk menciptakan bibit-bibit yang tahan iklim. Menurut saya Indonesia juga sangat hebat dalam pertanian, karena banyak juga menciptakan terobosan penemuan bibit (benih) baru yang tahan iklim,” tambah Krairiksh. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut