get app
inews
Aa Read Next : Produsen Teknologi Sensor Vega Bidik Pertumbuhan Pasar Industri di Indonesia

Sindir Jerman! Warga Qatar Bentangkan Poster Ozil Sambil Tutup Mulut

Senin, 28 November 2022 | 14:10 WIB
header img
Warga Qatar bentangkan poster Mesut Ozil di laga Jerman vs Spanyol. Foto: GETTY IMAGES

JAKARTA, iNewsDepok.id - Warga Qatar bentangkan foto mantan pemain Jerman, Mesut Ozil sambil menutup mulut saat menonton laga Spanyol vs Jerman di Al Bayt Stadium, Senin (28/11/2022). Aksi itu dilakukan sebagai balasan protes yang dilakukan skuad Jerman saat melawan Jepang. 

Saat melawan Jepang, Thomas Muller dan rekan melakukan aksi protes terhadap aturan FIFA yang melarang menggunakan atribut LGBT. Mereka melakukan protes dengan menutup mulut saat sesi foto sebelum kick off. 

Tindakan para pemain Jerman tersebut menjadi perbincangang banyak orang sehingga menimbulkan pro dan kontra. Tetapi, sebagian besar warga Qatar tak suka dengan aksi yang dilakukan Der Panzer itu. 

Mereka pun membalas aksi tersebut saat Jerman bertanding melawan Spanyol. Pada laga itu warga Qatar terus membentangkan poster Mesut Ozil dan melakukan gestur tutup mulut.

Ozil sendiri merupakan pemain yang pernah mendapat perlakuan rasis dari Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) dan sebagian masyarakat Jerman. Padahal, sosok Ozil sangat berpengaruh pada kemenangan German di Piala Dunia 2014.

Ozil sering mendapat perlakuan diskriminatif dan rasis lantaran ia memiliki darah keturuan Turki. Terlebih, Ozil semakin dikritik lantaran pernah melakukan pertemuan dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan sebelum Piala Dunia 2018 dimulai.

Atas hal itu warga Qatar pun membentangkan poster sosok Ozil sebagai aksi protes pada Timnas Jerman. Mereka menganggap DFB memiliki standa ganda tentang pandangan rasisme mengingat perlakuannya ke Ozil. 

Terlepas dari aksi itu, laga Jerman melawan Spanyol berakhir imbang dengan skor 1-1. Nantinya, Der Panzer harus menang melawan Kosta Rika jika ingin lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut