get app
inews
Aa Read Next : Mengejutkan! Ganda Putra Peringkat Satu Dunia Kalah pada Pertandingan Hari Pertama Malaysia Masters

Tim Bulutangkis Indonesia Mundur dari BWF World Championship 2021

Rabu, 08 Desember 2021 | 08:39 WIB
header img
Pasangan pebulutangkis Marcus/Kevin. Foto: Sindonews

Jakarta, iNews.id - Tim bulutangkis Indonesia mundur dari BWF World Championship 2021 akibat penyebaran Omicron, virus Corona varian baru yang baru beberapa pekan lalu ditemukan di Afrika Selatan, namun telah menyebar ke banyak negara. 

Kejuaraan Dunia 2021 tersebut akan diselenggarakan di Huelva, Spanyol, pada 12-19 Desember 2021.

"Tim bulutangkis Indonesia menarik diri dari keikutsertaan ke BWF World Championship 2021 yang akan berlangsung di Huelva, Spanyol, pada 12-19 Desember 2021," kata @INABadminton, Rabu (8/12/2021) pagi. 

Akun resmi milik Humas dan Media Pengurus Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) itu menjelaskan, keputusan ini diambil Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna demi menjaga keselamatan pemain setelah mendapat masukan dari pengurus, pelatih, dan Kabid Binpres. 

"Penyebaran varian baru virus Covid-19 Omicorn yang tak menentu menjadi alasan utamanya," jelas @INABadminton. 

Sebelumnya, sesuai laporan Ketua Harian PP BPSI Alex Tirta kepada Ketua Umum PP PBSI Firman Agung Sampurna, diputuskan bahwa keberangkatan tim bulutangkis Pelatnas Cipayung ke Kejuaraan Dunia, dibatalkan mengingat pemerintah Indonesia sangat perhatian pada merebaknya varian virus Omicron, serta untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para atlet. 

"Keputusan menarik diri tim bulutangkis Indonesia dari kejuaraan dunia ini juga sudah disetujui oleh Bapak Ketua Umum PP PBSI Firman Agung Sampurna," kata Alex Tirta seperti dikutip @INABadminton. 

Menurut Rionny Mainaki, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, penyebaran virus Omicron yang cepat, membuat perubahan protokol kesehatan menjadi tak menentu. 

"Itu yang membuat kami mundur dari Kejuaraan Dunia 2021," katanya. 

Ia menegaskan, pihaknya tak mau ambil risiko karena kesehatan dan keselamatan atlet lebih utama. 

"Para pemain juga sudah kami ajak berdiskusi, dan mereka setuju untuk menarik diri dari Kejuaraan Dunia 2021,' tegas Rionny. 

Sebelumnya, untuk kejuaraan itu, Indonesia akan menerjunkan atlet-atlet bulutangkis andalannya, seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonathan Christie, dan pasangan ganda Gyesia Polii/Apriyani Rahayu, Fajar/Rian dan Marcus/Kevin. (mmn)

Editor : Ikawati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut