get app
inews
Aa Read Next : Run Challenge Bagi Peserta Maybank Marathon Anywhere 2021 Secara Virtual

Tips Bagi Pemula untuk Ikuti Marathon Kategori 10K

Selasa, 07 Desember 2021 | 10:40 WIB
header img
Persiapan bagi pemula untuk ikut ajang marthon 10K. Foto: Maybank

Jakarta, iNews.id - Untuk bisa berlari marathon sepanjang 21 hingga 42 kilometer, seorang pelari pemula membutuhkan waktu latihan selama satu tahun. Lantas bagaimana bila pelari pemula ingin mengikuti ajang marathon?

Bagi pelari pemula, bisa memilih jarak lari yang lebih ringan seperti kategori 10K. Kategori yang lebih ringan, seperti yang ada pada ajang Maybank Marathon Anywhere 2021, cocok bagi pehobi lari ataupun pemula.

Namun, sebelum mengikuti ajang marathon kita perlu melakukan persiapan fisik dan mental. Berikut tips bagi pemula dalam mempersiapkan diri menghadapi Maybank Marathon Anywhere untuk kategori 10K:

  1. Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Berlari.

Sebelum program latihan marathon, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan melakukan cek kesehatan. Jika tidak ada kondisi medis khusus dan ada lampu hijau dari dokter, maka latihan persiapan untuk mengikuti marathon bisa dijalankan.

  1. Disiplin.

Tantangan dalam marathon bukan fisik semata, tetapi pikiran menjadi tantangan terbesar dan menjadi pematah motivasi yang mempengaruhi disiplin diri. Bagi pemula persiapan marathon membutuhkan proses yang panjang dan matang. Kiat kesuksesan dalam latihan lari adalah konsisten disiplin latihan lari atau latihan strength dan mobility. Termasuk disiplin menjaga kualitas nutrisi dan istirahat yang cukup.

  1. Latihan Ketahanan Fisik.

Lakukan momen latihan persiapan lari marathon dengan perencanaan yang baik. Para peserta perlu mengkombinasikan latihan lari dengan beragam olahraga berintensitas tinggi atau rendah, seperti progression run, intervals, hill repeats, serta padu-padankan dengan cross training dengan berenang atau bersepeda, untuk meningkatkan edurance. Sebaiknya tetap terus memonitor heart rate pada setiap sesi latihan.

 

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut