get app
inews
Aa Read Next : Denny Indrayana: 10 Tahun Jadi Tersangka Payment Gateway Kemenkumham Belum Juga Disidang

Sekretariat Bersama Pecinta Alam Kerinci Lakukan Gerakan Bersih Sungai Bungkal dan Sungai Penuh

Rabu, 02 November 2022 | 11:18 WIB
header img
Sekberpa Kerinci, melakukan aksi bersih aliran sungai Bungkal dan aliran Sungai Penuh. Foto: Istimewa.

JAMBI, iNewsDepok.id Sejumlah anggota pencinta alam yang tergabung dalam wadah Sekretariat Bersama Pencinta Alam (SEKBERPA) Kerinci, melakukan aksi bersih aliran sungai Bungkal dan aliran Sungai Penuh.

Upaya membersihkan aliranSungai Bungkal dan aliran Sungai Penuh tersebut berlangsung Minggu (30/10/2022). Bersih sungai ini dalam rangka menyambut ulang tahun Kota Sungai Penuh Ke 13, dan menjadikan sungai sebagaimana fungsinya agar terlihat bersih dan indah.

Muhammad Fauzan Koordinator Sekretariat Bersama Pencinta Alam ( SEKBERPA) Kerinci, beserta organisasi yang tergabung berharap masyarakat dan pemeritah lebih peduli terhadap kebersihan aliran sungai Bungkal dan aliran Sungai Penuh.

"Mewujudkan semua itu harus ada sinergi antara pemerintah dengan masyarakat,” ujarnya di kota Sungai Penuh, Jambi.

Aksi dimulai dengan membersihkan sampah bagian tepi sungai Bungkal dan sungai penuh dengan cara dibersihkan secara manual dengan memungut sampah. Sedangkan badan air sungai Bungkal dan sungai penuh dibersihkan dengan pengait sampah. Sampah yang terkumpul diangkut oleh motor roda 2

Selain membersihkan aliran sungai air Bungkal dan aliran air Sungai Penuh sekretariat bersama pencinta alam juga ber berkampanye di pusat kota Sungai Penuh.

Gerakan bersih sungai mempunyai sejumlah tujuan antara lain menjaga kelestarian lingkungan, menumbuhkan kesadaran masyarakat dan pemerintah untuk menjaga sungai di kota sungai penuh bersih dari sampah dan mengurangi dampak pencemaran.

“Apalagi di awal bulan November 2022 ini kota sungai penuh akan menjadi tuan rumah MTQ ke 51 se provinsi jambi sehingga aliran sungai Bungkal harus tampak lebih bersih mengingat sungai Bungkal dan sungai penuh berada di pusat kota sungai penuh , jika terlihat kotor, akan memungkinkan menurunkan daya tarik kota  sungai penuh sendiri” ungkapnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut