get app
inews
Aa Read Next : BNPT RI: Tak Ada Serangan Teror di 2023, Keamanan Indonesia Semakin Baik

Kuatkan Narasi Kebangsaan, BNPT RI Hadirkan Warung NKRI Ketintang Surabaya

Minggu, 30 Oktober 2022 | 09:54 WIB
header img
BNPT RI dalam peluncuran Warung NKRI Ketintang Surabaya. Foto: doc BNPT

SURABAYA, iNews.id -   BNPT terus menguatkan narasi kebangsaan lewat Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI atau Warung NKRI. Kali ini Warung NKRI didirikan di 
di Warung Dulang 88, Ketintang, Kota Surabaya.

Warung NKRI Ketintang menjadi Warung NKRI ke-2 yang diresmikan di wilayah Jawa Timur, Sabtu, 29 Oktober 2022.  Sebelumnya BNPT RI telah meresmikan Warung NKRI di Banyuwangi pada Januari 2022 lalu. 

Kepala BNPT RI Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH,  mengatakan Warung NKRI merupakan sarana bagi masyarakat untuk berkumpul dan membahas nilai kebangsaan sebagai vaksin dalam melawan virus intoleransi, radikalisme dan terorisme.

"Kehadiran Warung NKRI di Kota Pahlawan ini tidak hanya menjadi tempat berkumpul tetapi juga untuk mensosialisasikan lima vaksin kebangsaan," kata Boy Rafli.


5 vaksin tersebut adalah 
transformasi nilai kebangsaan, revitalisasi Pancasila, moderasi beragama, penguatan akar budaya nusantara dan pembangunan kesejahteraan.

Boy menambahkan jika warung NKRI merupakan wujud nyata dari konsep pentahelix dalam menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan membangkitkan persatuan.

"Ini program untuk membangun narasi kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, BNPT berusaha mengisi ruang publik dengan dialog-dialog untuk membangun rasa persatuan dan kesatuan," kata Boy Rafli. 

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, yang ikut hadir dalam peresmian Warung NKRI Ketintang menyatakan mendukung penuh kehadiran Warung NKRI di Surabaya dan mengajak seluruh unsur pentahelix untuk turut mendukung upaya soft approach pencegahan terorisme.

"Terorisme selalu diawali dengan intoleransi, jika kita bisa meminimalisir ruang tumbuh intoleransi kita juga bisa memperkecil probabilitas munculnya terorisme, sukses terus untuk Warung NKRI," kata Wagub Jawa Timur.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut