get app
inews
Aa Read Next : Mampu Cegah Penyakit Menular, Kemenkes Apresiasi PT SBS di Sumsel

Menkes Pastikan Pengobatan Gratis Pasien Gagal Ginjal di Seluruh RS Pemerintah

Selasa, 25 Oktober 2022 | 10:41 WIB
header img
Menkes Budi Gunadi Sadikin pastikan obat antidot Fomepizole untuk pasien AKI akan dibagikan secara gratis di seluruh rs pemerintah.. Foto: Sindonews

DEPOK, iNewsdepok.idMenteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pastikan obat untuk pasien AKI akan dibagikan secara gratis. Obat antidot Fomepizole injeksi merupakan pengobatan pasien dengan Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal.

“Kami akan memberikan obatnya kepada pasien AKI (Acute Kidney Injury) secara gratis. Ini kesiapan yang kami lakukan untuk menyediakan penawarnya untuk didistribusikan ke seluruh rumah sakit pemerintah yang merawat pasien AKI,” ujar Budi, Selasa (25/10/2022).

Menkes telah memastikan bahwa obat tersebut memberikan dampak positif kepada pasien AKI. Uji coba telah dilakukan kepada sepuluh dari 11 pasien AKI di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Berdasarkan hasilnya, kondisi pasien membaik dan sebagian pasien stabil.

“Kami bisa simpulkan bahwa obat ini (Fomepizole) memberikan dampak positif dan kami akan mempercepat kedatangannya ke Indonesia sehingga anak-anak bisa terselamatkan,” ucapnya.

Indonesia telah mendatangkan Fomepizole dari Singapura. Nantinya, obat serupa akan didatangkan dari Australia, Amerika Serikat dan Jepang.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut