get app
inews
Aa Read Next : Berbagai Manfaat Kafein dan Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Konsumsi Kopi Berlebihan Bisa Meracuni Tubuh, Kenali 6 Tandanya!

Selasa, 18 Oktober 2022 | 06:25 WIB
header img
Minum kopi berlebihan bisa meracuni tubuh, kenali 6 tandanya berikut ini. Foto ilustrasi: Freepik/rawpixel

DEPOK, iNewsDepok.id - Kopi bersifat adiktif, yang bila dikonsumsi berlebihan akan menjadi racun bagi tubuh dan memberikan efek buruk pada tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya minum kopi sesuai takaran saja setiap harinya.

Di sisi lain, kebiasaan minum kopi memang memberikan manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan mood. Kopi juga membantu mencegah diabetes bila diminum tanpa tambahan gula.

Berapa banyak konsumsi kopi yang diperbolehkan dalam sehari? Konsumsi 1 porsi kopi di pagi hari sudah cukup membantu meningkatkan energi seseorang.

Memang toleransi kopi setiap orang berbeda, tetapi para ahli menganjurkan untuk tidak mengonsumsi kopi lebih dari 400 mg kafein atau setara dengan 4 porsi kopi dalam sehari.

Lantas apa saja tanda-tanda tubuh terlalu banyak konsumsi kopi atau kafein ini? Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari Craftteafox pada Selasa (18/10/2022):

  1. Pencernaan terlalu lancar

Pencernaan yang lancar memang baik, tetapi bila terlalu lancar juga tidak baik. Kafein bersifat sebagai pencahar alami yang mempercepat pergerakan usus. Karena itu, seseorang biasanya selalu merasa ingin BAB setelah mengonsumsi minuman berkafein. Konsumsi kafein berlebih dapat membuat feses menjadi lebih cair dan meningkatkan asam lambung.

  1. Sakit kepala

Kopi menyebabkan kecanduan. Zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia menyebabkan seseorang mengalami ketergantungan. Jika tidak mengonsumsi maka tubuh jadi tidak nyaman, cemas dan berujung sakit kepala. Karena itu, sebaiknya mengurangi asupan kopi atau menggantinya dengan sesuatu yang lebih ringan.

  1. Selalu merasa lelah

Ketika minum kopi terlalu banyak, seseorang akan menyadari bahwa dia tidak memiliki energi dan fokus sebanyak yang diharapkan - bahkan setelah istirahat malam yang nyenyak.

Jika terus-menerus lelah, maka sebaiknya mencoba minum lebih sedikit kopi. Dimungkinkan untuk perlahan-lahan menyapih kopi dengan menggantinya dengan alternatif yang memiliki sedikit atau tanpa kafein.

  1. Gelisah dan cemas

Kegugupan akibat kafein ini juga merupakan salah satu pertanda terlalu banyak kafein dalam tubuh. Umumnya, kelebihan kafein ini menyebabkan efek samping termasuk peningkatan detak jantung, kegelisahan dan kecemasan.

  1. Susah tidur

Banyaknya jumlah kafein dalam tubuh memengaruhi kualitas tidur. Kita menjadi susah tidur, atau waktu bangun menjadi tidak teratur. Hal ini bisa menjadi masalah, karena tubuh butuh istirahat. Tidur dibutuhkan untuk memulihkan pikiran dan tubuh. Kurang tidur membuat seseorang selalu merasa lelah!

  1. Gigi menjadi kuning

Keseringan minum kopi meninggalkan noda pada gigi. Tidak langsung, tetapi dalam jangka panjang. Noda tersebut disebabkan oleh penumpukan tanin pada email gigi. Tanin ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam kopi dan teh hitam.

Perlu pembersihan profesional dari dokter gigi untuk benar-benar menghilangkan noda tersebut. Namun, cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi kopi, atau jika selalu menggunakan sedotan.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut