get app
inews
Aa Read Next : Meski Tunanetra dan Anak Petani Desa, Bayu Aji Firmansyah Berhasil Lulus Cumlaude IPK 3,83 di UNY

Tim Garuda UNY Pecahkan Rekor Asia di Ajang Shell Eco Marathon Asia 2022

Senin, 17 Oktober 2022 | 10:04 WIB
header img
Mobil Garuda Urban Gasoline 22 (Garuda UG-22) karya Tim Garuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Foto : Dok.UNY.

YOGYAKARTA, iNewsDepok.idMobil Garuda Urban Gasoline 22 (Garuda UG-22) karya Tim Garuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil pecahkan rekor konsumsi bahan bakar paling irit di Asia kategori Urban Internal Combustion Engine (ICE) pada ajang Shell Eco Marathon Asia 2022.

Dalam ajang yang berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, 13-15 Oktober 2022 ini, Tim Garuda UG-22 sukses meraih juara 1 dengan mencatatkan konsumsi bahan bakar 544 km/liter.

Ajang ini diikuti 49 tim dari 9 negara, yang setiap tim ditantang untuk mengembangkan mobil dengan konsumsi bahan bakar sehemat mungkin.

Kesit Bayu Purnomo, Manager Garuda UNY Team mengatakan, prestasi yang dicapai Tim Garuda UNY tidaklah mudah dan penuh tantangan.

“Sejak mendapatkan informasi mengenai kompetisi ini, kami langsung melakukan persiapan. Persiapannya kurang lebih 6 bulan hingga akhirnya mobil kami kirim ke Sirkuit Mandalika. Prosesnya cukup panjang dari mulai brainstorming, riset kendaraan, manufaktur, hingga latihan driver” kata Kesit.

Tantangan dan hambatan tidak jarang mewarnai persiapan Tim Garuda UNY jelang kompetisi tersebut. Mulai dari perdebatan dalam menentukan strategi yang terbaik, hingga permasalahan di lokasi ajang kompetisi.

Salah satunya pada hari pertama race diadakan, terdapat kesalahan teknis yang membuat mobil Garuda UG-22 tidak dapat mencapai finish. Bahkan setelah dilakukan perbaikan, mobil Garuda UG-22 gagal melakukan race karena terlambat 3 detik dalam memasuki track.

Pada race hari kedua Tim Garuda melakukan evaluasi semua masalah yang terjadi pada race hari pertama, dan melakukan percobaan race lagi.

“Kami melakukan evaluasi besar-besaran dari masalah yang kemarin. Kami yakin pada hari kedua kami dapat memberikan yang terbaik” kata I Kadek Bagus, Driver Tim Garuda UG-22.

Percobaan pertama dilakukan pada pukul 08.30 WITA, Tim Garuda UNY langsung menempati posisi Juara 1 dengan capaian 541 km/liter.

Belum cukup puas dengan hasil yang diperoleh, Tim Garuda UNY kembali mengambil kesempatan race dan memperoleh capaian 544 km/liter dan berhasil memecahkan rekor. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut