get app
inews
Aa Read Next : Jepang Hadirkan Pameran Bertajuk Japan Pavillion di Ajang Bergengsi The 10th World Water Forum 2024

Pemakaman Shinzo Abe Tembus Harga 1,2 Miliar Yen

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 14:14 WIB
header img
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Tewas Ditembak pada 8 Juli Lalu di Nara, Jepang. Foto: Sindonews

JAKARTA, iNewsDepok.id - Pemakaman Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, memakan biaya sekitar 1,2 miliar yen atau sekitar 125 miliar Rupiah. Pemerintah Jepang berkata jumlah ini kurang dari perkiraan semula, yakni 1,66 miliar yen.

Menurut kantor berita Kyodo, pada awal September pemerintah berniat mengalokasikan tambahan dana sebesar 1,4 miliar yen untuk menutupi biaya keamanan dan menyambut pejabat asing, sehingga total harga menjadi lebih dari 1,6 miliar yen.

Pada Agustus, pemerintah Perdana Menteri Fumio Kishida sebut akan habiskan 249 juta yen untuk menutupi biaya tempat tersebut.

Upacara untuk Abe diadakan pada 27 September di Tokyo dengan bersumber pada dana dari pembayar pajak.

Shinzo Abe tewas ditembak dua kali oleh Tetsuya Yamagami, penganggur berusia 42 tahun, saat berkampanye di sebuah jalan di kota Nara pada 8 Juli lalu. Yamagami mengatakan kepada penyelidik bahwa dia menyimpan dendam terhadap kelompok agama kontroversial bernama Gereja Unifikasi, yang dia yakini berkaitan dengan Abe.

Pemakaman kenegaraan pertama Jepang untuk Shinzo Abe dihadiri oleh lebih dari 4.000 orang dari dalam dan luar negeri, termasuk Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Wakil Presiden (Wapres) Indonesia Ma'ruf Amin turut menghadiri pemakaman mantan Perdana Menteri Jepang tersebut di Tokyo, pada Selasa (27/9/2022). Dia sebut Abe merupakan tokoh penting dalam meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Jepang.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut