Logo Network
Network

Antisipasi Banjir, Kali Cabang Tengah Dikeruk

Dhodi
.
Kamis, 13 Oktober 2022 | 13:27 WIB
Antisipasi Banjir, Kali Cabang Tengah Dikeruk
DPUPR Kota Depok melakukan normalisasi Kali Cabang Tengah Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung. Foto : Dok. Diskominfo Pemkot Depok.

DEPOK, iNewsDepok.id – Sebagai langkah untuk mencegah terjadinya banjir di musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok melakukan normalisasi Kali Cabang Tengah Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung.

"Kami normalisasi Kali Cabang Tengah ini atas permintaan warga. Dengan tujuan untuk memaksimalkan penyerapan air. Karena kali ini sudah sangat dangkal akibat tumpukan sedimen lumpur," kata Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Rabu (12/10/2022).

Citra menjelaskan, pengerjaan mulai dilakukan sejak hari Rabu (12/10/2022) dan masih berlanjut sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Pihaknya juga mengirimkan satu alat berat berupa spider menzi, satu unit dump truk dan empat operator.

"Sudah dikerjakan mulai hari ini dan rencananya masih terus berlanjut, tidak ada target. Saat ini yang sudah dikerjakan sepanjang 50 meter dari rencana 300 meter. Pekerjaan dilakukan dengan kedalaman kurang lebih satu meter,” ucap Citra.

Diharapkan normalisasi sungai ini bisa mencegah terjadinya banjir, terutama saat musim hujan. Citra juga meminta warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Kebersihan harus dijaga bersama. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tidak bisa bekerja sendiri. Mudah-mudahan upaya normalisasi ini bisa memaksimalkan fungsi penyerapan dan aliran air menuju hilir," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.