get app
inews
Aa Read Next : Dilaporkan di Polda Lampung Awbimaxreborn Menetap di Australia, Gunakan Visa Khusus di Australia

Mau ke Luar Negeri? Simak Dulu Beda Bebas Visa, Visa On Arrival, E-visa, dan Visa Waiver

Kamis, 13 Oktober 2022 | 12:22 WIB
header img
Perbedaan jenis visa. Foto: iNews.id.

DEPOK, iNewsDepok.idVisa merupakan dokumen yang menjadi bukti bahwa seseorang diizinkan masuk ke negera tujuannya. Namun, ada banyak jenis visa yang menyebabkan orang awam bingung. Berikut perbedaan jenis Visa:

1. Bebas Visa

Artinya anda bebas pergi ke negara tujuan tanpa menggunakan visa. Jadi anda hanya membawa paspor saja dan tidak perlu mempersiapkan dokumen ke pemerintahan. Namun perlu diingat, bebas visa hanya berlaku di beberapa negara saja. Ada beberapa negara yang tidak menggunakan batas waktu seperti Bermuda dan ada juga negara yang menggunakan batasan waktu seperti negara-negara Asia, Kolombia, Fiji, Qatar dan lain-lain.

2. Bebas Visa Bersyarat

Artinya anda bebas pergi ke negara tujuan tapi dengan syarat tertentu sesuai kebijakan negara tujuan. Misalnya Jepang harus menggunakan E-paspor dengan mengajukan Visa Waiver ke kedutaan atau Belarusia harus masuk ke jalur udara via Airport Minsk.

3. Visa on Arrival (VOA)

Artinya visa bisa didapatkan setelah mendarat di negara tujuan. Untuk dapat mengajukan visa ini diperlukan beberapa syarat sesuai dengan kebijakan tiap negara. VOA sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki jadwal padat. Misalnya Maldives dan Nepal.

4. E-visa

Artinya visa bisa diajukan secara online melalui website kedutaan negara tujuan atau website lain sesuai dengan yang ditunjuk. Untuk mengajukan e-visa ada syarat tertentu sesuai kebijakan negara tujuan. Contohnya Australia.

5. Visa

Sesuai dengan namanya, diperlukan dokumen izin untuk pergi ke negara tujuan untuk mengajukan visa anda bisa pergi ke kedutaan atau menggunakan agency. Misalnya negara tujuan seperti USA.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut