get app
inews
Aa Read Next : Baru Terpakai 5 Persen, Dinkes DKI Jakarta Pastikan Ruang Rawat Inap Pasien COVID-19 Masih Tersedia

Kenali Gejala Long COVID-19 Berikut Ini yang Dialami 33 Persen Pasien di Tanah Air

Sabtu, 24 September 2022 | 15:03 WIB
header img
Sebanyak 33 pasien COVID-19 di Indonesia mengalami gejala long COVID-19. Seperti apa geajalanya? Foto: Freepik/rawpixel.com

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengungkapkan sekitar 33 persen pasien COVID-19 di Indonesia mengalami long COVID-19. Karena itu, kenali  10 gejalanya berikut ini.

Long COVID-19 atau COVID-19 berkepanjangan adalah istilah medis yang menggambarkan kondisi pasien atau seseorang yang sebelumnya positif COVID-19 dan dinyatakan negatif, tetapi masih merasakan beberapa gejala.

Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril menjelaskan, long COVID-19 merupakan istilah medis bagi seseorang yang sudah sindromic.

“Jadi long COVID-19 sudah tidak positif lagi dam PCR negatif, di Indonesia ada datanya sekitar 33 persen," ungkap Syahril.

Lantas seperti apa gejala long COVID-19? Dua di antaranya gejala long COVID-19  adalah pasien long COVID-19 mengalami sesak napas dan diare, meski sebelumnya tidak mengalami apa-apa atau tanpa gejala.

"Long COVID-19 gangguan pada saluran pernafasan terutama. Artinya ada memang pasien sebelumnya nggak ada apa-apa, begitu kena COVID-19 merasa sesak nafasnya berat, kemudian ada gangguan yang lain disaluran pencernaan," ujarnya.

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa sekitar 10-20 persen orang, mengalami berbagai efek jangka menengah dan panjang. Sementara 10 gejala yang paling umum ditemukan dari kondisi pasca COVID-19 meliputi:

  1. Kelelahan
  2. Sesak napas atau kesulitan bernapas
  3. Masalah memori, konsentrasi, atau tidur
  4. Batuk terus menerus
  5. Sakit dada
  6. Kesulitan berbicara
  7. Nyeri otot
  8. Kehilangan bau atau rasa
  9. Depresi atau kecemasan
  10. Demam

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut