Logo Network
Network

Kenali 3 Bahan Alami ini untuk Mengurangi Gangguan Hipertensi

Syania Nurul Lita Baikuni/net Depok
.
Jum'at, 09 September 2022 | 15:38 WIB
Kenali 3 Bahan Alami ini untuk Mengurangi Gangguan Hipertensi
Bahan alami ini untuk mengurangi gangguan hipertensi. Foto: Freepick.

JAKARTA, iNewsDepok.id - Terdapat 3 bahan alami di untuk mengurangi hipertensi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu gangguan pada pembuluh darah dan jantung yang mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah terhambat.

Tekanan darah tinggi sering disebut sebagai “the silent killer karena termasuk penyakit tanpa disertai gejala-gejala.Hipertensi menjadi salah satu penyakit yang bisa mengancam kesehatan jantung dan anggota tubuh lainnya.

Hipertensi silent killer, cegah dengan 3 bahan alami ini

Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia, dr. Erwinanto, Sp. JP(K), FIHA mengatakan, seseorang menderita hipertensi dan tidak dikontrol akan menjadi kontributor tunggal yang utama untuk penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. 

"Setiap peningkatan darah 20/10 mm Hg akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner 2 kali lebih tinggi," terangnya pada konferensi pers virtual Hari Hipertensi Sedunia, beberapa waktu lalu.

Jika Anda termasuk kelompok berisiko hipertensi karena merokok, minum alkohol, kurang nya aktivitas fisik, sering mengkonsumsi makanan asin, kurang nya makan buah dan sayuran serta obesitas. Dapat dicegah dengan mengendalikan gaya hidup serta menghindari pantangan yang telah diberikan oleh Dokter.

Namun ada beberapa herbal yang baik untuk Anda yang memiliki darah tinggi, seperti :

1. Basil 

Cara pertama menurunkan darah tinggi secara alami basil adalah herbal yang memiliki banyak manfaat pengobatan, salah satunya sebagai obat untuk tekanan darah tinggi.

Basil mengandung senyawa kuat yang disebut eugenol yang bersifat antioksidan. Penelitian menemukan bahwa senyawa tersebut bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami.

Penghambat saluran kalsium mencegah pergerakan kalsium ke jantung dan sel-sel arteri, memungkinkan pembuluh darah untuk rileks. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak basil membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengencerkan darah, yang pada gilirannya membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

2. Bawang Putih 

Bawang putih kaya akan senyawa yang dapat bermanfaat bagi jantung Anda. Secara khusus, bawang putih mengandung belerang, seperti allicin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah. Secara kolektif, faktor-faktor ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian terhadap 12 studi, lebih dari 550 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata masing-masing 8,3 mm Hg dan 5,5 mm Hg. 

3. Peterseli 

Peterseli (petroselinum crispum) merupakan ramuan yang cukup populer dalam masakan Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Daun ini asli dari Mediterania, serta memiliki kandungan nutrisi yang cukup kuat. Peterseli mengandung berbagai senyawa, seperti vitamin C dan karotenoid makanan, yang dapat menurunkan tekanan darah.

Demikian 3 bahan alami untuk mengurangi hipertensi. Selain mengonsumsi bahan alami, juga disarankan menjalankan pola hidup sehat dan olahraga secukupnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini