get app
inews
Aa Read Next : Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono Kunjungi dan Beri Bantuan Kepada Penerima Bantuan RTLH

IBH: Penyederhanaan Birokrasi Akan Membawa Transformasi di Pemerintahan

Selasa, 02 Agustus 2022 | 19:05 WIB
header img
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono

DEPOK, iNewsDepok.id -  Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) menilai kebijakan penyederhanaan birokrasi akan bermanfaat bagi terjadinya transformasi di pemerintahan. 

Penilaian IBH tersebut disampaikan terkait sosialisasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB).

Menurut IBH dengan penyederhanaan, struktur organisasi pemerintahan dan lembaga kini menjadi dua level.

"Perampingan struktur jabatan administrasi pada K atau L atau D dengan kriteria tertentu, dengan memperhatikan karakteristik sifat tugas dari jabatan administrasi tersebut," ujarnya.

Kedua, tentang tansformasi Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur. Berdasarkan Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional, maka dilakukan pengalihan penjabatan administrasi yang organisasinya dirampingkan menjadi pejabat fungsional yang berkesesuaian.

"Serta mengembangkan jabatan fungsional dan penyetaran penghasilan," katanya.

Ketiga, transformasi sistem kerja yang berlandaskan Permenpan RB Nomor 7 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi, maka penyempurnaan mekanisme kerja dan proses bisnis birokrasi beroerientasi pada percepatan pengembalian keputusan. Serta pengambilan keputusan dan perbaikan pelayanan publik dan pengembangan sistem kerja berbasis digital.

"Transformasi organisasi dan SDM aparatur telah dilakukan dan sekarang kita telah berada di tahapan transformasi sistem kerja, sehingga diperlukan pemahaman yang sama terkait kebijakan sistem kerja tersebut," tambahnya.

Lebih lanjut, ujar IBH, dalam rangka menyikapi berbagai perubahan tersebut, maka proses komunikasi sangat penting karena perubahan yang terjadi dalam waktu singkat dapat menimbulkan kultur shock sehingga ini harus dikelola dengan baik. Semua itu dimaksudkan agar dapat memberikan dampak yang positif dalam proses membangun kinerja organisasi yang semakin baik.

"Saya berharap kegiatan ini dapat berakselerasi dalam pembangunan daerah demi mewujudkan Kota Depok yang maju, berbudaya, dan sejahtera. Serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya," tutupnya.
 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut