get app
inews
Aa
Read Next : Menu Ayam Afrika Dimakan Bersama Pisang Tanduk Goreng Menggoda Selera, Rasanya Dahsyat!

Pilih Ayam Goreng Bagian Paha Atau Dada? Cari Tahu Dulu Soal Kalorinya!

Selasa, 06 September 2022 | 09:42 WIB
header img
Ayam goreng. Foto: Pixabay/

DEPOK, iNewsDepok.id - Boleh dibilang ayam goreng adalah menu favorit hampir semua enak. Rasanya memang enak, di samping juga cara membuatnya yang simpel dan mudah.

Untuk membuat ayam goreng bisa dengan bumbu ungkep. Selain itu, lebih simpel lagi, tinggal membeli bumbu jadi ayam goreng yang tersedia di pasaran.

Ada juga bumbu yang sangat simpel, yakni dengan garam dan bawang putih, lalu langsung dicelup di minyak panas. Setelah matang angkat, lalu tiriskan.

Ayam goreng akan lebih nikmat jika dimakan bersama sambal dan nasi panas. Lebih nikmat jika digeprek dengan cabe rawit atau bisa juga dicocol sambel korek.

Sajian ayam goreng dan sepiring nasi hangat sajian utama keluarga yang anti gagal. Apalagi bagian paha, biasanya akan jadi rebutan karena dagingnya lebih kenyal.

Namun, bagi yang sedang berdiet menurunkan berat badan, makan ayam goreng bukan pilihan yang tepat.

Mengapa demikian? Lantas berapa kalori ayam goreng? Simak penjelasan berikut ini:

Mengutip fatsecret.co.id, jumlah kalori dalam 1 potong kecil paha ayam goreng cukup tinggi, sekitar 211 kalori. Atau setara dengan 11 persen AKG (Angka Kebutuhan Gizi) dari 2.000 kalori.

Sedangkan dada ayam jumlah kalorinya tidak sebanyak bagian paha, yakni 181 kalori, atau setara 9 persen AKG.

Di samping kalori, perhatikan juga kandungan lemak. Pada paha ayam terdapat 12,58 gram lemak dalam 1 potong kecil paha ayam goreng, yang setara dengan 55 persen AKG yang dibutuhnya.

Sementara kandungan lemak pada dada ayam goreng yang hanya yaitu sekitar 7,64 gram, setara 39 persen dari AKG.

Meski begitu, paha ayam goreng merupakan sumber protein. Terdapat 16,03 gram protein dalam 1 potong kecil paha ayam goreng, atau setara 31 persen AKG dari 2.000 kalori.

Sedangkan untuk dada ayam goreng, proteinnya cukup tinggi sekitar 26,6 gram protein dalam 1 potong kecil dada ayam goreng, atau setara 61 persen AKG dari 2.000 kalori.

Oleh karena itu, jika sedang menjalani diet diet penurunan berat badan, sebaiknya memilih dada ayam goreng untuk dinikmati. Karena kandungan proteinnya jauh lebih tinggi dibandingkan paha ayam goreng yang lebih tinggi lemak dan kalori.

Umumnya laki-laki dan perempuan dewasa memiliki jumlah kebutuhan kalori yang berbeda. Rata-rata dalam satu hari, perempuan membutuhkan sekira 2.000 kalori, sedangkan laki-laki membutuhkan hingga 2.500 kalori.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut