get app
inews
Aa Read Next : PLN UIT JBB Perkuat Pemeliharaan Transmisi Jelang Tahun Politik 2024

Proyek Galian Kabel PLN Bermasalah, Jalan Raya Gandul Penuh Lumpur

Rabu, 31 Agustus 2022 | 22:51 WIB
header img
Lumpur dari galian kabel PLN yang membanjir Jalan Raya Gandul, Depok. Foto: Iyung Rizki

DEPOK, iNewsDepok.id- Lumpur bercampur air meluap ke Jalan Raya Gandul, Cinere, Depok. Akibatnya, arus lalulintas tersendat. Beberapa motor juga terpeleset karena jalan licin. Setidaknya ada sekitar 15 motor yang tergelincir namun tidak ada korban.

Handoko, Ketua RT setempat mengatakan, lumpur yang bercampur air sudah mulai menyembut sejak Rabu (31/8) pukul 03.00 WIB. Namun awalnya luapan lumpur tidak banyak. Lama-kelamaan, luapan lumpur meluber hingga ke jalan raya. 

“Luapannya mulai terjadi dari jam 03.00 WIB. Sekitar jam 08.00 WIB makin gede. Awalnya ada semburan di sebelah sana. Karena makin kenceng semburannya, sampe ke jalan deh,” katanya, Rabu (31/8/2022).

Informasi yang dia ketahui, lumpur berasal dari proyek pekerjaan PLN. Pihak PLN sebelumnya tidak berkordinasi dengan pihaknya kalau akan ada pekerjaan tersebut. 

“Ini kerjaan PLN. Kita juga udah koordinasi sama mereka untuk nanganin ini. Sebelumnya saya nggak pernah diajak untuk koordinasi pengerjaan ini karena alasannya bukan di wilayah saya. Tapi kalau udah kayak gini warga saya juga terkena imbasnya,” akunya. 

Kondisi jalan perlahan sudah tertangani. Kejadian ini juga sudah diketahui lurah setempat. “Sebenernya teknisnya PLN, seharusnya pengerjaannya mereka yang tahu. Kalau kita soal masalah yang diakibatkannya. Tapi untuk saat ini sudah ditangani oleh PLN, Alhamdulillah udah ada tindak lanjut. Saya minta maaf kepada warga, PLN juga sudah minta maaf atas gangguan dari penggalian ini,” kata Lurah Gandul Nyai Aliyah.

Atas kejadian tersebut, PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat memohon maaf. Akibat proyek galian kabel mengakibatkan ketidaknyamanan warga. Proyek yang sedang dikerjakan adalah proyek kabel SKTT 150kV Gandul -Kemang sebagai bagian dari perkuatan sistem kelistrikan. 

Namun saat ini para pengguna jalan dihimbau untuk tidak melalui Jalan PLN Raya terlebih dahulu, untuk mengurangi kemacetan dan mempercepat proses pembersihan jalan.  

“Kami memohon maaf kepada masyarakat dan pengguna jalan yang berada di sekitar Jalan PLN Raya atas ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh pekerjaan PLN, kami dari PLN akan segera melakuan pembersihan jalan dan area lain yang terdampak secepat mungkin,” kata General Manager PLN UIT JBB Erwin Ansori.
 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut