get app
inews
Aa Read Next : Klasik Namun Seru! Konser Musikal Keren Kolaborasi Kemendikbudristek, Titimangsa, dan SMM Yogyakarta

Gandeng 11 Pelaku Usaha Kreatif Terpilih, Tulola dan BRI Dukung Pemberdayaan Wanita

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 14:09 WIB
header img
Happy Salma (kanan) bahagia bisa berkumpul kembali bersama Sahabat Tulola dan sesama pelaku ekonomi kreatif yang tidak pernah berhenti untuk berkarya. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsDepok.id - Gandeng 11 pelaku usaha kreatif terpilih non-jewelry untuk sama-sama maju bergerak dalam roda ekonomi, Tulola (brand perhiasan dan aksesoris) didukung BRI, gelar event Kawan Nusantara bertema "Wanita dan Alam" di pusat kesenian SPAC8, ASHTA District 8 kawasan SCBD, Jakarta Selatan, (26/08).

Kawan Nusantara adalah sebuah perayaan ketulusan dan kebersamaan dari Tulola dengan para sahabat yang memiliki cita-cita yang sama, yaitu menghadirkan segala hal yang berangkat dari kearifan lokal, menghargai warisan leluhur, namun diinovasikan sesuai zaman.

Local brand yang hadir dalam Kawan Nusantara 2022 terbagi dalam 3 kategori, yang pertama adalah fashion yaitu: SukhaCitta, Amanda Hartarto, Masshiro, dan Niluh Djelantik.

Kemudian kategori lifestyle yaitu: Kiloalta, Kemayu, SADA beauty, dan kategori living: Sleep Buddy, Keramik Alarasati, Handep, dan Arbor & Troy.

Hadir deretan artis ternama ibukota dari berbagai usia yang kesemuanya tampil memesona dengan balutan kain Nusantara nan cantik.

Sebut saja diantaranya; Marsha Timothy, Marcella Zalianty, Widi Mulia bersama sang putri, Asmara Abigail, Daffa Wardhana serta artis cilik beranjak remaja Naura. 

Happy Salma salah satu pendiri Tulola mengaku sangat bahagia bisa kembali lagi di masa pandemi ini. 

"Kebahagiaan teramat besar bagi kami untuk dapat kembali melanjutkan event Kawan Nusantara di masa pandemi yang belum usai ini. Senang sekali bisa berkumpul kembali bersama Sahabat Tulola dan sesama pelaku ekonomi kreatif yang tidak pernah berhenti untuk berkarya," tuturnya.

Inisiatif usaha yang didominasi oleh pelaku wanita dalam berkarya atau menggagas ide, akan menjadi highlight dari kolaborasi ini. 

Karya mereka kerap berdekatan dengan hal-hal yang alami; misalnya menggunakan pewarnaan alami, bahan baku alami, daur ulang, dan segala macam unsur sebagai bagian dari alam atau upaya dalam menyembuhkan alam itu sendiri.

Karya-karya mereka pun merupakan bukti nyata dari kepedulian dan rasa cinta terhadap alam sekitar. 

Acara dibuka dengan pertunjukkan yang dikoreografi oleh Josh Marcy, seorang seniman koreografer tari berbasis di Jakarta. 

Josh menciptakan sebuah performance bertajuk Sri Lakshmi yang merupakan penggabungan tari dan fashion show.

Semua peserta dalam pertunjukkan ini dipercantik dengan dukungan official makeup by SADA beauty.

Turut hadir memeriahkan, Handayani selaku Direktur Konsumer BRI. Kolaborasi ini semakin nyata karena tak luput dari dukungan Bank Rakyat Indonesia yang selalu peduli pada semangat bakti pada negeri. 

Peran nyata dukungan BRI kepada para pelaku usaha kreatif yang memang memiliki core business di UMKM. Dan juga dalam rangka ulangtahun BRI ke-127 dimana moment ini pun penting karena berkaitan dengan semangat Indonesia brilian.

Ruang Instalasi Mang Moel

Mulyana Mogus kerap disapa Mang Moel, seniman rajut asal Bandung yang menetap di Yogyakarta. Banyak dikenal usai karya instalasi laut bertajuk Sea Remembers di Artjog 2018. 

Sudah melanglang buana dengan karya-karya indahnya di Australia, Jepang, New York, Korea, serta terpilih untuk membuat window display high end brand internasional.

Sleep Buddy

Salah satu brand peserta yang juga mendukung terlaksananya Kawan Nusantara 2022, Sleep Buddy, merupakan sebuah brand yang percaya bahwa setiap rumah harus diisi dengan energi positif dan kebahagiaan. 

Karenanya, seluruh rangkaian produk Sleep Buddy, baik itu perlengkapan tidur dan aksesoris rumah, didesain dari bahan berkualitas untuk memberi kenyamanan bagi konsumennya. 

Tak berhenti pada konsumen, Sleep Buddy juga memerhatikan kebahagiaan para penjahit dan pengrajin lokal dengan selalu berusaha meningkatkan kualitas hidup mereka, serta tak lupa menjadi brand yang berdampak positif pada bumi.

"Dengan rendah hati, Tulola mengundang Sahabat Tulola untuk bersama merayakan Kawan Nusantara, dengan segala sudut pandang yang berbeda namun perasaan yang sama, mendukung pemberdayaan wanita," pungkas Happy Salma.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut