get app
inews
Aa Read Next : Hemophobia alias Takut Darah: Mengenal Penyebab, Gejala, dan Tips Penanganan

Penyuka Teh Manis Lebih Berisiko Terkena Diabetes, Lakukan 3 Perubahan Kecil Ini untuk Mencegah

Selasa, 23 Agustus 2022 | 07:27 WIB
header img
Terlalu sering minum teh manis lebih berisiko terkena diabetes. Foto ilustrasi: Pixabay/Fernando Villalobos

DEPOK, iNewsDepok.id - Minuman teh manis bisa disebut minuman sejuta umat, karena banyak dipesan ketika makan di warung maupun restoran. Dan memang Es Teh Manis menjadi minuman pelepas dahaga paling manjur, yang dapat dinikmati dengan makanan apapun.

Tetapi tahukah Anda bila sering mengonsumsi teh manis bisa menimbulkan risiko yang tidak baik bagi tubuh, termasuk diabetes?

Ahli Gizi sekaligus pendiri Nutritional Living, Beth Chiodo, MS, RD, LDN, CHWC, menjelaskan bahwa rutin minum teh manis dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

"Minuman manis, termasuk teh manis, adalah penyumbang terbesar masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas, dan banyak lagi," ucap Beth dalam laman Eat This, seperti dikutip pada Selasa (23/8/2022).

Bahkan, lebih lanjut menurut Beth, memasukkan minuman manis dalam rutinitas menu harian dapat meningkatkan risiko diabetes sebesar 16%.

Lantas harus bagaimana? Berdasarkan penelitian, mengurangi konsumsi minuman manis dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

Ssebagai langkah pencegahan, maka Anda bisa melakukan 3 perubahan kecil berikut ini:

  1. Jangan terlalu banyak pakai gula.

Sebagaimana diketahui, pada dasarnya teh dan kopi adalah minuman yang kaya manfaat, karena itu sebaiknya jangan menambahkan gula ke dalamnya, apalagi dalam takaran yang banyak.

Jika dirasa sulit untuk benar-benar menghilangkan gula di teh manis favorit Anda, maka bisa dicoba untuk mengurangi takaran gulanya.

Artinya, jika dalam satu gelas teh Anda biasanya memasukkan 2 sendok gula, kini mulai mengurangi jadi 1 sendok gula saja.

  1. Pakai gula penganti.

Beth mengungkapkan jika Anda bisa mengganti gula biasa dengan sweetener, itu dapat menjadi pilihan yang bisa dicoba.

  1. Memasukkan lemon.

Saran lain yang diberikannya adalah memasukkan lemon ke dalam teh tanpa gula tersebut untuk memberi rasa berbeda pada teh Anda yang tawar tersebut.

Menurut Beth, perubahan kecil akan sangat berarti untuk kesehatan tubuh Anda.

“Jika pengurangan jumlah gula sudah tidak menjadi masalah untuk cita rasa lidah Anda, lama kelamaan Anda akan terbiasa minum teh tanpa gula dan ini akan menjauhkan Anda pada masalah diabetes tipe 2," kata Beth.

Artikel ini tayang di Okezone.com dengan judul “Senang Minum Teh Manis? Anda 16% Lebih Mudah Terkena Diabetes Loh.”

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut