get app
inews
Aa Read Next : Peneliti Vokasi UI Ungkap Model Pendidikan Vokasi dan Standar Pendidikan di Rusia

5 Universitas Negeri Terluas di Indonesia, UI di Depok Urutan Berapa?

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 22:48 WIB
header img
Universitas Indonesia (UI) berada di urutan nomor 5 universitas negeri terluas di Indonesia. Foto: M Mahfud/iNewsDepok.

JAKARTA, iNewsDepok.id - Indonesia memiliki banyak sekali universitas negeri (perguruan tinggi negeri). Banyak yang mengira bahwa Universitas Indonesia (UI) yang terletak di Depok, Jawa Barat berada di urutan pertama dari sisi luas, tetapi ternyata tidak. Lalu universitas negeri manakah yang terluas di Indonesia? Simak penjelasan di bawah ini. 

Semakin luas sebuah universitas tentu akan semakin baik. Dengan demikian mereka akan lebih leluasa melakukan pengembangan untuk aktifitas pendidikan mahasiswanya. 

Ini Urutan Universitas Terluas di Indonesia

1.    Universitas Sriwijaya 712 Hektare 

Kebanyakan orang pasti mengira universitas/kampus terluas di Indonesia adalah Universitas Indonesia, tapi nyatanya urutan pertama kampus terluas di Indonesia adalah Universitas Sriwijaya. 

Universitas Sriwijaya mempunyai luas 712 Ha (Hektare). Universitas ini terletak di daerah Sumatera Selatan. Dikutip dari situs resmi Universitas Sriwijaya, unsri.ac.id, ide pendirian universitas ini sudah ada sejak 1950 an. Fakultas pertama adalah Fakultas Ekonomi

2.    Universitas Riau 700 Hektare 

Kampus kedua terluas di Indonesia adalah Universitas Riau yang berada di daerah Pekanbaru, Riau. Universitas ini mempunyai luas 700 Ha. 

Dilansir dari unri.ac.id, Universitas Riau atau biasa disingkat dengan Unri, berdiri pada 1 Oktober 1962. Pada saat itu, Unri hanya mempunyai dua fakultas, yakni Fakultas Komersial dan Konstitusional, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 

Sekarang Unri sudah mempunyai 10 fakultas, dengan jurusan yang beragam. 

3.    Universitas Andalas 500 hektare 

Di urutan ketiga kategori kampus terluas, adalah Universitas Andalas. Universitas ini masih berada di Pulau Sumatera, lebih tepatnya di Kota Padang, Sumatera Barat. 

Dilansir dari Unand.ac.id, pada 1949 pemerintah Indonesia merencanakan untuk mendirikan Fakultas Hukum di Padang, Fakultas Kedokteran di Medan dan Fakultas Ekonomi di Palembang, tetapi masih tertunda. 

Kemudian, pada 1955 pada akhirnya Mohammad Hatta meresmikan Universitas Andalas di Padang. Kampus ini mempunyai luas sekitar 500 Ha (Hektare), dan berada pada ketinggian ± 200 m di atas permukaan laut. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut