get app
inews
Aa Read Next : PBNU Lantik Pengurus NU Depok 2024-2029: Diminta Jaga Agama, Negara, dan Umat

Setelah 2 Tahun Vakum, UI Kembali Laksanakan Pengabdian Masyarakat

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:00 WIB
header img
UI tahun ini kembali melaksanakan program Pengabdian Masyarakat. Foto: Istimewa.

DEPOK, iNewsDepok.id -  Universitas Indonesia kembali meluncurkan program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 2022. Program ini sempat vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Sekretaris UI, Agustin Kusumayati mengatakan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menjadi penting bagi perguruan tinggi terutama untuk Universitas Indonesia dalam upaya memajukan bangsa dengan berbagai inovasi hasil penelitiannya.

Pengabdian masyarakat bisa jadi inspirasi kegiatan inovasi lebih lanjut dalam rangka menghadapi masalah dan tantangan yang dihadapi masyaraka,” kata Agustin usai membuka secara resmi kegiatan PPM UI, Senin 15 Agustus 2022.

Agustin mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki dua fungsi yakni memberikan layanan langsung kepada masyarakat berupa produk-produk yang bisa langsung dirasakan, misalnya pelayanan kesehatan dan pengolahan sampah.

“Fungsi kedua yakni pemberdayaan masyarakat, jadi masyarakat tidak hanya di layani, tapi masyarakat bisa berusaha sendiri sesuai dengan keahlian dan potensinya,” kata Agustin.

Pada kegiatan PPM tahun ini, lanjut Agustin, ada empat isu besar yang diangkat oleh UI diantaranya berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Karena saat ini masih pandemi, sehingga penting untuk mengelola kesehatan masyarakat,” katanya.

Kedua, mempertahankan keberlangsungan bumi ditengah isu adanya perubahan iklim atau climate change, dengan fokus pengolahan sampah dan pemenuhan energi terbarukan, “Jadi bagaimana UI bersama-sama dengan stakeholder membangun keberdayaan masyarakat untuk ikut menjaga dan merawat bumi,” kata Agustin.

Ketiga, kata Agustin, adalah memberdayakan masyarakat dari sudut pandang ekonomi, sehingga masyarakat dapat memiliki ketahanan ekonomi baik di masa kini maupun masa mendatang.

“Terakhir, di bidang sosial humaniora dan budaya, kita bangsa Indonesia sangat kaya budaya, budaya menjadi keunggulan kita, situasi saat ini koneksi global terbuka, sehingga menjadi ancaman budaya kita tergerus, UI berkomitmen memberdayakan masyarakat dari sudut sosial budaya, bagaimana kita mempertahankan budaya nasional menjadi kebanggaan kita,” beber Agustin.

Sementara itu, Direktur Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) UI, Agung Waluyo mengatakan, tahun ini pihaknya mengangkat tema “UI Mengabdi Bagimu Negeri Bangkit Lebih Kuat”.

“Ada 320 program yang akan dijalankan pada lebih dari 10 titik di Indonesia diantaranya di Bogor, Bekasi, Depok, Jakarta Timur, Kepualauan Seribu, Tangerang, Sumedang, Pandeglang, Boyolali, Buleleng, Lombok Timur, Banyuwangi, Jember, Labuan Bajo, dan Likupang,” kata Agung.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut