get app
inews
Aa Read Next : Rekayasa Lalin Selama Pembangunan Underpass Dewi Sartika Depok

Revitalisasi Jembatan Cibubur, Berikut Rekayasa Lalin Selama Jalan Lapangan Tembak Ditutup

Rabu, 03 Agustus 2022 | 07:10 WIB
header img
Rekayasa lalu lintas selama revitalisasi Jembatan Cibubur di Jalan Lapangan Tembak. Foto: Dishub/Farhan

JAKARTA, iNewsDepok.id - Revitalisasi jembatan Kali Cipinang di Jalan Lapangan Tembak Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur dimulai sejak Selasa (2/8/2022). Imbasnya, lalu lintas di depan Rumah Sakit Ketergantungan Obat hingga lampu merah Jalan Raya Bogor ditutup sementara.

Diperkirakan proses revitalisasi jembatan yang berdekatan dengan Pasar Cibubur akan rampung pada September mendatang.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Timur, Dody Setiyono, mengungkapkan rekayasa lalu lintas ini berlaku mulai Juli hingga November 2022.

Selama proses revitalisasi ini, Dody menekankan, semua kendaraan dilarang masuk Jalan Lapangan Tembak Cibubur tetapi mengecualikan angkutan umum dan masyarakat sekitar.

"Manajemen rekayasa lalu lintas di Jalan Lapangan Tembak Cibubur imbas proyek revitalisasi pembangunan jembatan Cibubur telah berlaku mulai Juli sampai November 2022. Semua kendaraan nantinya akan dialihkan via jalan Kiwi dekat Kantor Pengadilan Agama Jakarta Timur," ujar Dody dalam keterangannya, Rabu (3/8/2022).

Sementara untuk pengalihan kendaraan khususnya dari arah Depok dan Cililitan via Jalan Raya Bogor menuju Munjul atau Jambore, maka perlu mengakses jalan Kiwi terlebih dahulu.

Kemudian, setelahnya pengendara dapat lurus menuju jalan raya PKP dan belok ke kanan menuju Jalan Kelapa Dua Wetan hingga menuju Jalan Raya Munjul atau Jalan Jambore.

"Untuk kendaraan di dari arah Depok dan Cililitan, akses jalan Kiwi - lurus ke jalan raya PKP - belok kanan ke jalan Kelapa Dua Wetan - Belok ke kanan di simpang jalan Lapangan Sepak Bola Kelapa Dua Wetan, belok kiri ke jalan Lapangan Tembak, baru setelahnya menuju jalan raya Munjul atau ke jalan Jambore," jelas Dody.

Sementara untuk kendaraan dari arah Jalan Raya Munjul atau Jalan Jambore, pengendara bisa melalui Jalan Raya Munjul atau Jalan Jambore, kemudian menuju Jalan Kelapa Dua Wetan, lalu Jalan Raya PKP dan Jalan Kiwi.

Sebaliknya, kendaraan dari Jalan Jambore atau Jalan Raya Munjul Cipayung dan dari arah keluar Tol Cibubur saat melewati Jalan Lapangan Tembak Cibubur.

“Pengendara dipersilakan langsung segera menempuh jalan Kelapa Dua Wetan kemudian mengakses jalan raya PKP lalu melewati jalan Kiwi kembali hingga sampai di Jalan Raya Bogor," ucap Dody.

Sebelumnya, Camat Pasar Rebo, Mujiono menyampaikan perihal penutupan jalan yang melintasi wilayahnya, mengonfirmasi adanya awal pengerjaan proyek tersebut.

Untuk itu, ia mengerahkan personel gabungan untuk pengaturan lalu lintas, yakni dari unsur Satpol PP, Satpel Perhubungan dan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

"Untuk sementara ini, pengerjaan revitalisasi jembatan antara wilayah Pasar Rebo dan Ciracas tepatnya di dekat Pasar Cibubur menyebabkan pengalihan jalan sementara. Tadi pagi memang ada kemacetan, tapi mulai berangsur lancar sekarang," ujarnya.

Mujiono mengatakan akan berkoordinasi dengan vendor proyek revitalisasi jembatan tersebut, terkait penambahan spanduk imbauan adanya penutupan jalan tersebut. Ia turut mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari lalu lintas Lapangan Tembak Cibubur tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang biasa melalui jalan Lapangan Tembak, terutama di depan Pasar Cibubur untuk menghindari lalu lintas di sana antara bulan Agustus sampai September mendatang karena ada revitalisasi Jembatan Kali Cipinang," ujarnya.

Hingga saat ini, masih banyak pengendara yang belum mengetahui penutupan jalan tersebut. Kendati demikian, bagi warga yang hendak berbelanja ke pasar Cibubur dapat tetap mengakses jalan di sekitarnya yang masih dibuka.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut