get app
inews
Aa Read Next : Audio TikTok Mendadak Hilang, Ini Penyebabnya

Mau Raup Uang di Era Digital? Simak 6 Aplikasi Live Streaming Ini

Selasa, 12 Juli 2022 | 16:08 WIB
header img
Nimo TV, salah satu aplikasi live game streaming yang bisa menghasilkan uang. Aplikasi ini cukup populer di Indonesia. Foto : Tangkapan layar Nimo TV

DEPOK, iNewsDepok.id – Di era digital ini banyak yang memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan uang. Biasanya mereka melakukannya dengan cara live streaming atau siaran langsung lewat akun YouTube, Instagram atau TikTok.

Para pemilik akun di media sosial tersebut bisa mendapatkan uang jika memiliki banyak pengikut, dan penonton yang melihat siaran live mereka.

Namun saat ini untuk mendapatkan uang dari media sosial tidak hanya lewat YouTube, Instagram dan TikTok saja, namun bisa dari live streaming saat bermain game online.

Yang membedakan dengan YouTube, Instagram dan TikTok adalah, pada siaran langsung permainan game dilakukan secara apa adanya tanpa menyiapkan konsep terlebih dahulu. Namun masih sama sama bisa mendapatkan penghasilan.

Jika pasif, pendapatan anda tentu saja berasal dari iklan, donasi hingga hadiah virtual yang dikirim penonton. Untuk aktif, bisa gabung jadi streamer official platform dengan nilai kontrak tetap atau bayaran dari sponsor.

Berikut 6 aplikasi live streaming game online yang bisa menghasilkan uang :

  1. NimoTV : Live game Streaming

Salah satu platform streaming yang cukup populer di Indonesia. Kategorinya sudah disesuaikan dengan jenis streaming game paling populer, seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile.

Bentuk penghasilan sebagai streamer di NimoTV, antara lain :

Mendapat hadiah berupa karakter (mirip Stars di Facebook) yang dikirim pengguna, Misalnya jika pengguna mengirim Lucky Clover, maka streamer bisa memperoleh 1.000 koin termasuk karakter lain seperti telur, gift box, mobil sport dan lain sebagainya.

Mendapat donasi yang memungkinkan streamer mendapat 1 diamond. Di NimoTV, 350 diamond setara dengan 1 dolar Amerika Serikat (AS). Jika terkumpul banyak, bisa menjadi penghasilan buat streamer.

  1. Twitch : Livestream Multiplayer Games & Esports

Platform video siaran langsung yang dibawah kendali Amazon ini pertama kali berdiri pada 2011. Pada awalnya fokus untuk konten gaming, namun saat ini sudah diperluas ke bidang seni, musik, talk show, serial TV dan lain sebagainya.

Saat ini, Twitch sudah digunakan oleh hampir 2 juta orang dan 17.000 diantaranya sudah bisa menghasilkan uang dari aplikasi tersebut, dengan membangun komunitas atau kemitraan.

Komunitas atau kemitraan tersebut, mirip dengan AdSense dimana pengguna Twitch bisa bergabung sepanjang sudah memenuhi syarat. Sumber penghasilan Twitch dari iklan, bits atau langganan penggemar.

  1. Streamlabs : Live Streaming App

Streamlabs dapat diakses dalam 2 cara, yaitu versi site dan juga versi aplikasinya. Jika menggunakan versi aplikasi, bisa download langsung di Google Play Store atau iOS Store.

Di Streamlabs terdapat fitur yang bisa menghubungkan siaran langsung ke platform berbeda, seperti YouTube dan Twitch.

Hanya saja, satu-satunya metode monetisasi yang didukung platform ini hanyalah Donasi.

Ketika ada yang suka dengan siaran langsung yang ditayangkan, penonton bisa mendonasikan sejumlah uang ke fitur donasi yang sudah tersedia secara default. Donasi yang berikan dikelola oleh paysafecard.

Untuk mencairkan uang dari sumbangan, streamer harus menghubungkan akun Streamlabs dengan paysafecard dan Skrill. Jadi harus membuat akun di 3 platform tersebut.

  1. Snackvideo

Konsep Snackvideo mirip dengan TikTok dan ini yang bisa dicoba untuk menghasilkan uang dari live streaming dibandingkan aplikasi lainnya.

Syarat untuk bisa siaran langsung di Snackvideo sama seperti halnya di TikTok, yaitu pemilik akun harus memiliki minimal 1.000 pengikut.

Jika saat siaran langsung ada pengikut yang suka dengan tayangan tersebut, mereka bisa memberikan gift khusus.

Gift khusus ini bisa berupa love, helm, lolipop, teh susu dan karakter lain dengan biaya pembelian yang berbeda-beda.

Seseorang yang ingin memberikan gift diamond kepada orang yang sedang siaran langsung, harus deposit dulu via Google Pay.

Jumlah minimum deposit adalah 70 Diamond seharga Rp.16.000. Setelah deposit, baru bisa memberikannya ke orang yang sedang siaran langsung.

  1. Omlet Arcade: Live Stream, Main dan Perekam Layar

Omlet Arcade cukup populer di kalangan gamers. Di aplikasi ini bisa menonton stream apa saja, mulai PUBG Mobile, Emulator atau Dekstop, Call of Duty dan game-game keren lainnya.

Omlet Arcade menawarkan fitur token yang bisa dibeli pengguna untuk diberikan kepada streamer pilihan. Token ini nantinya bisa diuangkan oleh streamer.

Pengguna harus beli berbagai karakter token seperti TTS, Omlet, Like, atau karakter lainnya. Jika token sudah banyak, streamer bisa mencairkannya ke eWallet seperti Paypal, Skrill atau ke rekening bank.

  1. Cocofun Streaming: Video Lucu, Meme & WA Status

Aplikasi ini memiiki ciri yang hampir sama dengan TikTok dan SnackVideo.

Di aplikasi ini bisa melakukan siaran langsung untuk tema apapun, baik video lucu, meme, maupun status di jejaring sosial, seperti Whatsapp.

Hanya saja di Cocofun ada fitur yang memungkinkan untuk menggandakan diamond yang dibeli.

Contohnya, seseorang suka dengan siaran langsung yang ditonton kemudian membeli diamond di Google Play Store. Setelah membeli diamond, orang itu bisa ikut roda keberuntungan untuk menggandakan diamond tersebut.

Ada 2 bentuk roda keberuntungan yang ada di aplikasi ini. Pertama, roda keberuntungan saat live streming dan yang kedua di halaman akun.

Khusus untuk roda keberuntungan di beranda akun, bisa mendapatkan berbagai hadiah menarik seperti T-Shirt Cocofun, Top Up game gratis, pulsa Rp. 25.000, hadiah live dan lain sebagainya.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul "Cara Mendapatkan Uang dari Live Streaming, Tak Melulu untuk YouTuber dan Selebgram".

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut