get app
inews
Aa Read Next : Pengusaha Muda Indonesia Adit Setiawan Ajak Investor India Masuk Indonesia

Raup Cuan dari Bisnis Warung Angkringan

Minggu, 03 Juli 2022 | 07:54 WIB
header img
Saat ini angkringan yang merupakan warung khas kota Yogyakarta sudah tersebar di berbagai kota. Warung sederhana ini juga menjadi salah satu kuliner yang banyak diminati masyarakat. Foto : Ilustrasi angkringan Jogja / Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id – Angkringan adalah sebuah warung dengan menggunakan gerobak dorong untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Warung angkringan sendiri berasal dari Kota Yogyakarta dan banyak ditemui di pinggir jalan di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Sementara di kota Solo atau Klaten, angkringan dikenal sebagai warung HIK, atau Hidangan Istimewa Kampung.

Ciri khas dari warung angkringan adalah menyajikan menu makanan sederhada dan harganya murah. Tak heran warung angkringan selalu ramai pengunjung.

Hal itu yang membuat orang tertarik membuka usaha warung angkringan. Untuk membuka warung angkringan tidak perlu modal besar. Dengan modal sekitar Rp 4 juta sudah bisa membuka warung angkringan yang sederhana.

Modal awal Rp 4 juta itu untuk keperluan warung angkringan, antara lain gerobak angkringan, peralatan makan, peralatan masak dan lain lain.

Modal awal tersebut belum termasuk biaya lain-lain yang tak terduga dan biaya operasional usaha. Seperti biaya sewa tempat, biaya bulanan listrik dan air bersih, karcis retribusi dan lain sebagainya.

Yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha warung angkringan adalah penentuan lokasi. Lokasi yang strategis untuk warung angkringan antara lain di terminal, pasar, pemukiman warga yang padat penduduk, daerah kost-kostan karyawan dan mahasiswa, pusat perkantoran, kampus, dan tempat wisata.

Selain itu juga tersedianya banyak pilihan menu, mulai dari nasi kucing, sate telur puyuh, sate ati ampela, aneka gorengan, daging ayam, tahu, tempe dan yang lainnya.

Tak kalah penting, juga untuk pilihan minumannya, seperti minuman jahe, minuman jeruk peras, kopi, teh, susu,dan minuman kemasan instant yang lainnya.

Untuk sajian menu makanan di warung angkringan bisa dibuat sendiri atau kerja sama dengan tetangga yang bisa masak. Jadi tinggal bagi hasil setelah makanan laku.

Selain sajian menu, penting juga memberikan pelayanan yang terbaik ke pembeli dan selalu menjaga kebersihan area warung. Hal ini akan membuat pembeli nyaman dan akan menjadi pelanggan.

Berdasarkan pengalaman para pengusaha angkringan yang sudah berhasil, rata-rata mereka memperoleh penghasilan bersih sekitar Rp 200 ribu dalam 1 malam dari 1 warung angkringan. Dalam 1 bulan bisa dapat pemasukan Rp 6 juta.

Itu hasil dari 1 warung angkringan, bisa dibayangkan jika bisa membuka warung angkringan 2 atau 3 angkringan di tempat yang berbeda.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut