get app
inews
Aa Read Next : Depok Cetak Sejarah, Sumbang 16 Emas untuk Hattrick Jabar di PON 2024!

Cegah PMK, Penjual Gencar Cek Kesehatan Hewan Kurban

Sabtu, 02 Juli 2022 | 15:02 WIB
header img
Dokter hewan memeriksa hewan kurban yang dijual di sebuah lapak di Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022). Foto: depok.inews.id/Iyung Rizki

DEPOK, iNewsDepok.id - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang tengah mewabah di berbagai daerah di Indonesia, membuat para pedagang hewan kurban mau tak mau harus melakukan berbagai langkah pencegahan agar hewan yang diperdagangkannya tidak tertular.

Langkah antisipasi itu juga dilakukan pedagang hewan kurban di Kota Depok, Jawa Barat. Di daerah ini, selain menyemprotkan disinfektan, pedagang hewan kurban juga secara berkala mendatangkan dokter hewan untuk mengecek kesehatan hewan-hewannya, terutama sapi.

Dari pantauan di salah satu lapak penjualan hewan kurban di Depok, Sabtu (2/7/2022), terlihat dokter hewan datang ke lapak itu dan mengecek hewan-hewannya. 

Kepada pemilik lapak, dokter hewan bernama drh Kharisma itu mengatakan kalau hewan-hewan itu sehat.

"Di masa penyakit PMK ini, meski tidak ditemukan kasus zoonosis atau penularan dari hewan ke manusia, tetapi kita tetap harus jeli untuk melihat kondisi hewan, terutama di bagian mulut dan kuku," katanya.

Ia pun memberikan tips memilih hewan yang sehat:

1. Hewan yang sehat berpijak pada keempat kakinya

2. Memiliki respon yang baik

3. Memiliki nafsu makan yang tidak terganggu

"Berbagai upaya pencegahan bisa dilakukan para peternak maupun pedagang hewan. (Antara lain) dengan memperhatikan kebersihan kandang dan melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala," katanya.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut