Menikmati Enam Sajian Khas Daerah di Pos Bloc Jakarta

Tim iNews
Para juri berfoto dengan tiga pemenang nasional terpilih. (Foto: Iris PR)

JAKARTA, iNewsDepok.id-Sejak Juni hingga November 2021, Tehbotol Sosro sukses mengadakan rangkaian kegiatan kompetisi ‘Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah bersama Tehbotol Sosro’ di enam kota di Indonesia, diantaranya Malang, Solo, Yogyakarta, Majalengka, Palembang dan Pontianak.

Sabtu, 14 Mei 2022 kemarin Tehbotol Sosro pun mengumumkan tiga pemenang nasional dari kompetisi ‘Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah bersama Tehbotol Sosro’.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari gerakan #LocalsUnite Tehbotol Sosro, sebuah gerakan yang bertujuan memberikan dukungan kepada kreator muda, pelaku usaha, dan merek-merek lokal asli Indonesia yang inovatif dan orisinil di kategori makanan dan minuman, serta pakaian dan seni.

Hadir sebagai juri: Denta Anggakusuma-General Manager PT Sinar Sosro, Chef Dade Akbar-Pakar Kuliner Kreatif, dan Handoko Hendroyono-Founder M Bloc Group.

Terpilih tiga pemenang nasional yaitu; Cik Ari dari Palembang sebagai Pemenang Pertama dengan kreasi menu Pindang Deleg Tehbotol Sosro Anti Galau. Renata dari Solo sebagai Pemenang Kedua dengan kreasi menu Creamy Tehbotol Sosro (CreaTos). Adapun Pemenang Ketiga diraih oleh Imma asal Majalengka dengan kreasi menu Bolu Batik Ginding Tehbotol Sosro.

Dengan mengikuti program ini, para peserta mendapatkan kesempatan untuk menggunakan IP (Intellectual Property) Tehbotol Sosro, bimbingan dan pelatihan dari para ahli untuk meningkatkan kualitas dan promosi usaha. Tehbotol Sosro juga bekerja sama dengan pemerintah daerah dan beberapa komunitas lokal, menyelenggarakan beberapa kegiatan seperti pelatihan, workshop, kompetisi, dan penjurian.

Kompetisi ‘Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah bersama Tehbotol Sosro’ yang diikuti 497 peserta dari 6 kota dan menghasilkan 600 kreasi resep asli daerah ini mengangkat resep dan bahan baku asli lokal yang dipadukan dengan produk Tehbotol Sosro. Berbagai kreasi resep unggulan diciptakan mengandung cita rasa asli lokal, berbahan baku asli khas daerah serta mengangkat karakter budaya kuliner khas lokal. Ragam kreasi resep dapat berupa makanan kecil/kudapan, minuman, makanan besar/lauk, hingga dessert.

Terpilih enam kreasi resep daerah kolaborasi Tehbotol Sosro yang bisa dinikmati di kawasan Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta Pusat sebagai berikut:

 

1. Yogyakarta: Tongseng Kembang Gedang Kuah Tehbotol Sosro.

2. Majalengka: Bolu Batik Ginding Tehbotol Sosro.

3. Palembang: Pindang Deleg Sosro Anti Galau.

4. Pontianak: Teh Sejuk Sosro Pontianak.

5. Solo: Creamy Tehbotol Sosro (CreaTos).

6. Malang: Teatropple Tehbotol Sosro.

"Untuk kuliner, banyak elemen lain di luar rasa. Perlu banyak kreativitas. Kekuatan tersebut yang harus dikedepankan dan diperkaya lagi. Begitu banyak resep, begitu banyak pilihan menu," kata Chef Dade memberikan selamat dan apresiasi.

"Kuliner bisa juga dilakukan sebagai salah satu cara berdiplomasi. Contoh saja Korea, dia jual makanan lewat film dan lewat lagu. Kita pun bisa seperti itu. Dengan demikian pertumbuhan industri food and beverage kita bisa lebih cepat," tandas Handoko.

"Tak hanya soal rasa, banyak hal bisa di-improve seperti packaging, nama produk yang kekinian, serta teknik pemasaran yang lebih maju. Tunggu keseruan #LocalsUnite kami berikutnya," ujar Denta Anggakusuma.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network