Tiga Anak di Indonesia Meninggal karena Hepatitis Misterius, Dokter Anak Ungkap Hal Ini

TIm iNews
Ilustrasi. Foto: Shutterstock

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kasus Hepatitis misterius sudah merenggut tiga nyawa anak di Indonesia. Meski demikian, Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp.A (K), dokter anak konsultan gastrohepatologi mengatakan belum bisa dipastikan sudah berkembang atau belum di luar Jakarta.

Ketiga anak yang meninggal tersebut sebelumnya dirawat di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta dan belum diketahui penyebabnya meninggal dunia, dalam jangka waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

"Saat ini memang sudah ada laporan-laporan, baik dari Jakarta laporan kasusnya, baik juga luar Jakarta adanya laporan-laporan dugaan untuk penambahan kasusnya (Hepatitis akut)," kata Dr. dr. Hanifah Oswari dalam Update Perkembangan Kasus Hepatitis Akut di Indonesia secara online, Kamis (5/5/2022).

Menurut dr. Hanifah, belum dapat dipastikan apakah benar laporan terkait Hepatitis akut atau bukan. Ia memastikan akan ada penyelidikan lebih lanjut, perihal laporan tersebut, kemudian akan disampaikan kepada publik.

“Tetapi ini masih perlu dilakukan investigasi apakah benar Hepatitis akut berat yang seperti kita bicarakan ini atau bukan, jadi sebenarnya sudah ada laporan tapi belum dilakukan investigasi lebih lanjut. Tentu kita akan melaporkan data-data lebih jauh dan lanjut," jelasnya

Sementara dalam acara yang sama Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid memastikan bahwa ketiga anak tersebut negatif COVID-19. Menurut dr. Nadia, kedua anak yaitu usia 8 dan 11 tahun sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Usia 2 tahun memang belum divaksinasi, sedangkan yang usia 8 tahun baru mendapatkan vaksinasi 1 kali dan yang 11 tahun juga sudah divaksinasi," jelasnya.

Menurut dr. Nadia, tiga pasien anak tersebut merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Saat ini Kemenkes tengah berupaya melakukan investigasi penyebab kejadian Hepatitis akut ini melalui pemeriksaan panel virus secara lengkap. Demikian pula Dinas kesehatan Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan penyelidikan epidemiologi lebih lanjut.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network