Pelajaran IPA: 6 Perubahan Wujud Benda, Lengkap Contohnya

Puti Aini Yasmin
Ilustrasi perubahan wujud benda fisika (Foto: Ist)

DEPOK, iNewsDepok.idPelajaran IPA nih teman-teman, membahas perubahan wujud benda. Ada  enam wujud benda. Materi ini dipelajari dalam pelajaran IPA di sekolah oleh para siswa. Agar semakin paham, yuk simak informasi lengkapnya di sini. 

Wujud benda pada dasarnya ada tiga, yakni padat, cair dan gas. Namun akibat perubahan suhu, jadi ada enam jenis perubahan wujud benda. 

1. Mencair 
Perubahan wujud benda mencair atau melebur adalah perubahan wujud dari padat ke cair. Contoh perubahan wujud benda mencair adalah lilin yang meleleh, es batu yang dipanas. 

2. Menguap 
Perubahan wujud benda yang menguap adalah benda cair ke gas. Contoh perubahan wujud benda menguap adalah baju basah menjadi kering setelah dijemur atau proses pembuatan garam. 

3. Mengkristal 
Perubahan wujud benda dari gas ke padat. Contohnya adalah bunga es yang ada di dalam freezer, salju dan sebagainya. Lihat juga: Curhat Saykoji Ditolak Label

4. Membeku 
Perubahan wujud benda membeku adalah dari cair ke padat. Contoh perubahan wujud benda membeku adalah agar-agar yang cair menjadi mengeras, air yang berubah menjadi es batu dan sebagainya. 

5. Menyublim 
Perubahan wujud benda menyublim adalah wujud benda dari padat ke gas. Contohnya adalah kapur barus dan es kering yang dibiarkan di ruang terbuka. Jadi, perubahan wujud benda dari padat menjadi gas disebut menyublim. 

6. Mengembun 
Perubahan wujud benda mengembun adalah dari wujud gas ke cair. Contohnya adalah terjadinya embun di pagi hari, titik air pada gelas yang berisi air dingin.

Nah, jadi sudah tahukan ada apa saja contoh perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari hari? Selamat belajar!

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network