JAKARTA, iNews Depok.id - Eksplorasi material dan tata ruang menjadi isu penting di gelaran Jakarta Fashion Week (JFW) 2026.
JFW 2026 berlangsung 27 Oktober - 2 November 2025 di City Hall Pondok Indah Mall 3.
Kreasi material dan tata ruang diterapkan di seluruh area JFW 2026 melalui kemitraan bersama Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jakarta.
Produk seperti HPL (High Pressure Laminates) digunakan untuk memperkuat dinding dan lantai runway. Sedangkan SPC Flooring untuk area VIP dan ToughTop untuk area lounge.
Ketiga material ini mengusung filosofi Reimagination of Spaces, sebuah gagasan tentang bagaimana ruang dan material dapat bertransformasi menjadi bagian dari ekspresi artistik.
Desain material yang mutakhir menciptakan tekstur dan suasana hangat yang menjadikan panggung JFW 2026 tampil lebih cerah dan berwarna dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Kevin Octavius, Sales & Marketing Manager PT AICA Indonesia menyatakan FW adalah platform yang ideal untuk menunjukkan bahwa material interior memiliki narasi gaya hidup yang kuat.
"Kami hadir untuk menginspirasi bagaimana desain material menjadi medium kreatif yang memperkuat identitas dan ekspresi lintas bidang, termasuk fashion," kata Kevin, Selasa (28/10/2025).
Ranu Scarvia, Ketua HDII Jakarta, menambahkan kolaborasi antara interior dan fashion membuka perspektif baru bagi desainer dalam memaknai fungsi estetika.
"AICA menunjukkan bahwa material tidak hanya mendukung fungsi ruang, tetapi juga dapat menjadi sumber inspirasi visual yang membentuk karakter dan gaya," kata Ranu.
Kerja sama lintas disiplin ini disambut antusias oleh JFW. Adhika, Creative Director Jakarta Fashion Week.
Ia menyebutkan bahwa tema JFW 2026, The Legacy with Style, tidak hanya membahas warisan, tetapi juga tentang bagaimana industri menetapkan tren (set the trend).
"Ketika kita bicara tentang fashion week, sebetulnya kita berbicara tentang pengalaman (experience). Dan experience itu diciptakan, bagaimana dirancang oleh HDII, kemudian elemen-elemen dari AICA juga menjadi sesuatu yang menghidupkan suasana," kata Adhika, menegaskan bahwa kolaborasi ini menjadikan JFW 2026 sangat spesial dan menyuguhkan sesuatu yang segar.
Dengan standar kualitas tinggi, material yang digunakan juga selaras dengan nilai keberlanjutan, menawarkan produk yang tahan lama dan ramah lingkungan.
Kehadiran AICA di JFW 2026 bukan sekadar memperkenalkan produk, tetapi juga memperkuat ekosistem ekonomi kreatif nasional.
Melalui instalasi kreatif, sesi diskusi, dan pengalaman desain interaktif, kolaborasi ini membawa pesan penting: desain adalah bahasa universal yang menghubungkan ide, ruang, dan gaya hidup.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait
