Warisan Kartini di Era Gen Z: Charm Mendorong Perempuan Muda untuk Berani Berekspresi

Novi
Ki-ka: MC, Sri Haryani-Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Syifa Hadju, dr. Beeleonie, BMedSc, Sp.OG - KFER, dan Heni Indrayati, Head of Corporate Planning Division PT Uni-Charm Indonesia Tbk. Foto: Ist

JAKARTA, iNews Depok.id - Di tengah dinamika kehidupan perempuan muda Gen Z yang serba cepat dan penuh semangat, hadir sebuah merek yang bukan hanya menemani, tetapi juga menginspirasi: Charm. Lebih dari sekadar produk kebersihan wanita, Charm telah bertransformasi menjadi bagian tak terpisahkan dari rutinitas harian, khususnya bagi generasi yang tak ingin dibatasi oleh apapun, termasuk datang bulan.

Tagline terbarunya, "Ekspresikan Diri Tanpa Henti," bukan sekadar jargon. Ia beresonansi kuat dengan semangat para perempuan muda yang haus akan aktivitas dan kreativitas, yang ingin terus bergerak maju tanpa terhalang oleh siklus menstruasi. Charm memahami betul bahwa bagi Gen Z, setiap momen adalah kesempatan untuk berekspresi, berkarya, dan menunjukkan potensi diri.

Dalam kata sambutannya di perayaan Hari Kartini dan peluncuran tagline baru pada Selasa, 22 April 2025 di Jakarta, Wakil Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Mr. Takeyuki Matsuura, mengatakan, sejarah panjang Charm di Indonesia, yang dimulai sejak tahun 1998, membuktikan komitmennya untuk terus berinovasi dan relevan dengan kebutuhan wanita dari generasi ke generasi. 


Wakil Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Mr. Takeyuki Matsuura (dua dari kiri). Foto: Ist
 

"Bahkan, dalam kurun waktu singkat setelah peluncurannya, Charm berhasil menduduki posisi nomor satu di pasar Indonesia, sebuah pencapaian yang patut diacungi jempol. Keberhasilan ini tak lepas dari kualitas produk yang terpercaya dan kemampuan untuk selalu hadir dengan inovasi yang menjawab kebutuhan wanita Indonesia," ujar Matsuura.

Kekuatan produk Charm yang telah melekat di hati wanita Indonesia menjadi modal utama untuk terus berinovasi. Dengan mengedepankan teknologi canggih dan pemahaman mendalam akan kebutuhan perempuan muda, terutama Gen Z, Charm terus berupaya menghadirkan produk yang tidak hanya berkualitas tetapi juga aman dan nyaman digunakan sehari-hari. Semua inovasi ini didasari oleh penelitian yang seksama dan teknologi yang tepat guna, memastikan bahwa setiap produk Charm adalah jawaban atas kebutuhan spesifik perempuan Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Sri Haryani, Direktur PT Uni-Charm Indonesia, Tbk, menerangkan, semangat "Ekspresikan Diri Tanpa Henti" yang diusung Charm memiliki akar yang mendalam pada perjuangan pahlawan emansipasi wanita, R.A. Kartini. 

"Beliau mengajarkan untuk tidak malu dalam mengekspresikan diri, sebuah nilai yang tercermin dalam warisannya yang abadi, "Habis Gelap Terbitlah Terang." Semangat Kartini ini menginspirasi Charm untuk mengajak setiap wanita berani memperjuangkan impian dan potensi diri tanpa batasan," tutur Sri.

Dukungan untuk semangat berekspresi tanpa henti kepada para perempuan khususnya Gen Z yang diusung oleh Charm ini sejalan dengan semangat perjuangan R.A Kartini yang menyebarkan pesan-pesan inspiratif mendorong perempuan Indonesia untuk terus mengembangkan potensi diri.

Melalui inisiatif ini, Charm berharap dapat meneruskan perjuangan R.A Kartini dalam memajukan perempuan Indonesia.

Komitmen Charm ini semakin diperkuat dengan fakta bahwa tingkat pengetahuan dan kesadaran wanita muda di Indonesia mengenai kesehatan reproduksi dengan mengganti pembalut secara teratur hanya sebesar 25% . Hal ini menunjukkan bahwa masih diperlukan inisiatif yang konsisten untuk meningkatkan kesadaran tersebut, dan edukasi terkait menstruasi menjadi hal yang penting.


Syifa Hadju, Aktris dan Brand Ambassador Charm. Foto: Ist

 

Fakta ini menjadi urgensi bagi Charm untuk mendorong perempuan Indonesia, khususnya Gen Z yang masih menjadi generasi paling aktif untuk memahami kebutuhan dasar mereka, termasuk menjaga kesehatan reproduksi, agar mereka dapat mencapai potensi diri secara maksimal melalui edukasi terkait perawatan menstruasi.

“Memahami dinamika kehidupan perempuan Gen Z di Indonesia adalah hal yang terpenting bagi Charm,” kata Matsuura. “Karena itu, Charm sebagai merk pembalut wanita nomor 1 di Indonesia, ingin memastikan bahwa menstruasi tidak menjadi penghalang bagi perempuan untuk berkarya dan beraktivitas. Dengan semangat tersebut, mulai bulan April 2025 ini kami meluncurkan brand message baru “Ekspresikan Diri Tanpa Henti.” Ini sekaligus menjadi wujud komitmen Charm untuk mendukung para perempuan untuk meraih impiannya sekaligus merangkum perjalanan inovasi Charm selama ini, relevansi kami di masa kini, dan aspirasi kami untuk masa depan untuk terus menginspirasi perempuan melalui produk-produk yang kami ciptakan. Tagline “Ekspresikan Diri Tanpa Henti” ini akan menjadi landasan Charm untuk terus berinovasi dan menciptakan produk yang mendukung perempuan di setiap tahapan kehidupan,” urai Matsuura.

Syifa Hadju, Aktris dan Brand Ambassador Charm, mengatakan, “Aku ingin mengajak perempuan Gen Z Indonesia untuk berani dan percaya diri di setiap kesempatan seperti di sekolah, kantor, dan berbagai kondisi lainnya. Karenanya, aku bersama Charm akan terus menyuarakan Ekspresikan Diri Tanpa Henti. Sebagai perempuan kita harus berani menunjukkan kemampuan diri, dan memberikan yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan”.

Semangat tagline baru inilah yang juga dirasakan oleh Syifa Hadju. Dengan antusias, ia mengatakan, “Sebagai perempuan, aku percaya bahwa kebebasan berekspresi adalah kunci untuk mencapai potensi diri sepenuhnya. Aku senang karena Charm membantuku meningkatkan rasa nyaman dan percaya diri, sehingga aku bisa fokus memberdayakan diri dan mengejar mimpi-mimpiku. Di hari Kartini ini, aku berharap semua perempuan Indonesia juga merasakan kekuatan untuk menjadi diri mereka yang terbaik.”

Charm percaya bahwa setiap perempuan berhak untuk berkarya dan beraktivitas tanpa rasa khawatir. Untuk mendukung hal ini, Charm selalu berinovasi melalui produknya yang disesuaikan dengan kebutuhan wanita Indonesia. Bagi konsumen di Indonesia, fungsi penting yang dibutuhkan di dalam pembalut adalah penyerapan yang baik, tidak membuat pengap, dan mencegah bau tidak sedap.

Memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut sekaligus mewujudkan Ekspresikan Diri Tanpa Henti adalah hal yang penting. Karena itu, Charm memiliki produk-produk unggulan seperti berikut: Charm Safe Night dengan pori serap aktif-2 kali cegah bocor semalaman, Charm Cooling Fresh dimana mengandung daun mint-sensasi dingin lebih lama-bebas rasa pengap saat menstruasi, dan Charm Daun Sirih yang mengandung daun sirih-2 kali cegah bau saat menstruasi.

Charm menawarkan solusi-solusi diatas untuk mendukung para perempuan dalam mengekspresikan diri dan menghilangkan kecemasan saat sedang menstruasi. Di samping itu, di tahun 2025 Charm juga melakukan pembaruan pada produk Charm Cooling Fresh dengan sensasi dingin yang lebih lama. 

Melalui inovasi yang berkelanjutan ini, Charm mendukung perempuan Indonesia untuk tetap aktif beraktivitas dalam meraih impian.


Produk unggulan Charm. Foto: Ist

 

Selain itu, Charm juga meluncurkan iklan TV “Ekspresikan Diri Tanpa Henti” bersama Syifa Hadju yang sudah ditayangkan di tahun ini.

dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG – KFER, dokter spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn) menegaskan, “Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) yang baik sangat penting bagi perempuan Indonesia karena dapat melindungi mereka dari infeksi saluran reproduksi dan masalah kesehatan serius lainnya.” 

Ia menambahkan bahwa dengan merawat kesehatan area kewanitaan saat menstruasi dan memahaminya sepenuhnya, perempuan Gen Z tidak hanya merasa lebih percaya diri, tetapi juga bertanggung jawab atas kesejahteraan mereka. Karena itu, produk-produk yang ditawarkan oleh Charm dirasa efektif untuk perawatan dalam masa menstruasi.

“Kami percaya bahwa perempuan Indonesia memiliki potensi yang tak terbatas, dan dapat dikembangkan lebih jauh lagi. Untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan tidak hanya produk tetapi juga berbagai inisiatif. Hingga saat ini Charm telah melakukan berbagai upaya demi mendukung kesehatan dan kemajuan perempuan Indonesia, seperti edukasi SADARI (Periksa Payudara Sendiri) untuk mencegah temuan kanker payudara stadium lanjut bersama YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia) sejak 2021, edukasi kesetaraan gender kepada perempuan, kegiatan perayaan hari perempuan internasional, mendukung Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM), dan lain-lain. Melalui berbagai inisiatif ini, kami berharap dapat berkontribusi pada perempuan Indonesia, sejalan dengan salah satu tekad yang terkandung dalam slogan perusahaan kami, Ethical Living for SDGs yaitu aktivitas masyarakat yang dikembalikan ke masyarakat,” tutup Matsuura.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network