BSI Gandeng 12 Wirausaha Muda Aceh, Siap Bersaing di Kancah Internasional

Novi
Raut kebahagiaan para pemenang BSI Aceh Muslimpreneur 2024 bersama piala dan hadiah yang diberikan oleh BSI untuk pengembangan usaha kedepan. Foto: Ist

BANDA ACEH, iNews Depok.id - PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) berhasil mencetak 12 wirausaha muda berbakat dari Aceh. Para pemenang kompetisi BSI Aceh Muslimpreneur 2024 ini siap bersaing di pasar internasional. Program ini bertujuan untuk membina dan mengembangkan UMKM berbasis syariah di Aceh, serta memberikan akses pembiayaan dan pelatihan. Salah satu bukti keberhasilan program ini adalah berhasilnya beberapa UMKM Aceh menembus pasar global.

Mereka adalah bagian dari 12 grand finalis yang telah mengikuti serangkaian acara penjurian kompetisi wirausaha BSI Aceh Muslimpreneur (AMP) 2024 yang mencapai puncak pada 26 Oktober 2024. 

BSI Aceh Muslimpreneur adalah ajang kontes menjaring wirausaha muda yang berlokasi di Aceh. Program ini merupakan komitmen PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendorong wirausaha muda berbasis syariah di Aceh naik kelas melalui pendampingan, peningkatan kapasitas dan kapabilitas. BSI AMP diselenggarakan sejak tahun lalu dan dirancang khusus untuk membina dan mengembangkan wirausaha muda di Aceh, dengan fokus pada pengembangan bisnis yang berlandaskan nilai-nilai syariah serta inovasi. 

Direktur Retail Banking BSI, Harry Gusti Utama mengaku bangga dengan pemenang BSI Aceh Muslimpreneur 2024 ini. ‘’Mereka adalah bibit unggul UMKM yang kita harapkan dengan dukungan yang tepat dapat menciptakan perubahan yang signifikan bagi perekonomian daerah dan nasional,” ucapnya.

Program BSI Aceh Muslimpreneur, kata dia, dirancang untuk memberikan peluang bagi generasi muda di Aceh agar mereka tidak hanya mampu bersaing di level lokal, tetapi juga bisa naik kelas dan menembus pasar global. 

Salah satu pencapaian signifikan dari BSI AMP adalah kolaborasi dalam memfasilitasi UMKM Aceh menembus pasar internasional. Pada Expo Amazing Indonesia di Jeddah, Arab Saudi, Salah satu UMKM Kopi Binaan BSI dari Takengon diberikan kesempatan membuka akses pasar untuk mendapatkan peluang ekspor Timur Tengah. Sementara pada BSI International Expo satu UMKM binaan BSI lainnya asal Aceh yakni Sambal Capli membuka pasar global dengan memperoleh order sebesar 29 ton.

Dengan dukungan yang tepat, seperti program pembinaan dan pembiayaan dari Bank Syariah Indonesia (BSI), wirausaha muda di Aceh memiliki kesempatan besar untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional. Potensi ini menjadi kekuatan ekonomi yang bisa dioptimalkan, apalagi dengan adanya inovasi dan digitalisasi yang dapat memperluas jangkauan bisnis hingga ke pasar global.

Gusti mengatakan bahwa melalui program ini, para wirausaha muda di Aceh tidak hanya mampu meningkatkan skala bisnis mereka, tetapi juga menjadi motor penggerak ekonomi daerah dan pada akhirnya mendorong kesejahteraan masyarakat Aceh secara menyeluruh.

“Kami yakin, dengan pembinaan yang tepat serta pemanfaatan teknologi dan inovasi, wirausaha muda Aceh dapat menciptakan perubahan signifikan, menghubungkan pasar lokal dengan peluang global, serta menjadikan Aceh sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi syariah yang unggul di Indonesia,” tutur Gusti.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network