JAKARTA, iNews Depok.id - Platform lokapasar (marketplace) komoditas pangan Pasar Rakyat Indonesia (PARI) memperluas layanan usaha mikro milik rakyat dengan membuka penjualan langsung ke konsumen.
Direktur Utama PT Super PARI Eko Rahayu Hartono di Jakarta mengatakan, perluasan layanan ini dilakukan sebagai bentuk inovasi untuk bisa terus mendukung akses pemasaran para pelaku usaha mikro dan kecil.
Hal ini disampaikan Eko saat perayaan Ulang Tahun Kedua PARI dengan meluncurkan Parisaka dan meresmikan Localoka di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2024. Acara bertema "Empowering Tomorrow, Together", yang digelar di Star Room Intiland Tower dan diikuti oleh ratusan karyawan, mitra, serta stakeholder penting lainnya.
Acara ini tidak hanya menjadi momen refleksi atas pencapaian perusahaan selama dua tahun terakhir, namun juga sebagai platform untuk memperkuat kolaborasi dan berbagi visi untuk masa depan yang lebih baik sesuai dengan tema acara tersebut.
“Selama dua tahun ini, PARI telah tumbuh menjadi perusahaan yang tak hanya fokus pada inovasi, tetapi juga pada kolaborasi dengan berbagai mitra untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Kami percaya bahwa kekuatan kita ada pada kolaborasi, dan bersama-sama kita dapat mencapai hal-hal besar di masa mendatang,” ujar Eko Rahayu Hartono, Selasa (22/10/2024).
"Saat ini UMKM itu kendalanya di bidang pemasaran. Sebagai produsen, mereka memasarkan produknya susah. Jadi, kita jembatani dengan pengusaha yang bergerak di bidang yang sama," imbuhnya.
Eko mengatakan di tengah era digital, pelaku usaha mikro harus bisa mengikuti perkembangan teknologi. Namun, diakuinya, perkembangan digital cukup menantang bagi para petani dan pedagang kecil.
"Memang (melek teknologi) itu tantangan tersendiri. Kita harus rajin memberikan edukasi, kepada yang senior-senior, kepada petani, atau pedagang-pedagang kecil," katanya.
Platform tersebut tadinya fokus menghubungkan secara bisnis (business to business), khususnya petani ataupun pemilik ladang komoditas dengan distributor atau agen.
Namun, layanannya kini diperluas dengan platform Localoka yang menghubungkan bisnis dengan konsumen antardaerah. Platform ini memungkinkan konsumen untuk membeli komoditas pangan secara eceran.
Lebih rinci, platform ini juga menghubungkan pedagang UMKM langsung seperti petani atau pemilik kebun di sekitar, lalu menghubungkannya dengan konsumen terdekat.
Selain itu, tersedia juga layanan "Parisaka" yang menghadirkan fitur pembelian tiket kapal di lokasi wisata di Pulau Bali.
Hingga September 2024, PARI sudah digunakan oleh 84,1 ribu pengguna usaha yang tersebar di Pulau Jawa, Papua, Sulawesi dan Kalimantan. Platform ini membantu menghubungkan petani, peternak, dan petambak untuk menjual hasil produksi tani, ternak, maupun tangkapan laut kepada pembeli komoditas pangan di seluruh Indonesia.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait